LENSAINDONESIA.COM: Hari ini Rabu (09/10/) Komisi III DPR RI melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kediaman calon Kapolri Komjen Sutarman di kawasan Bintaro Tangerang, Banten.

Menanggapi hal itu, Pengamat Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, pekerjaan politisi memang melakukan aktivitas politik dan acapkali terkait dengan urusan politik atau lobi-lobi  politik. Hal itu dianggap bukan masalah karena domain politisi dan parlemen adalah politik.

“Menjadi masalah apabila deal dan lobi politik itu menabrak peraturan, etika dan fatsun politik sehingga bisa mengarah ke perbuatan menghalalkan semua cara,” kata Siti Zuhro, Jakarta, Rabu (09/10/2013).

Menurutnya, sebagai lembaga penegak hukum, Polri harus independen dan profesional. Sebagai wakil rakyat, DPR juga harus punya empati terhadap keresahan rakyat yang kehilangan kepastian hukum di negeri ini.

“Kunjungan semacam itu tak relevan dan tak sinifikan. Apa manfaatnya bagi peningkatan kualitas komisi III DPR dalam ikut mengesahkan Kapolri,” paparnya. @endang