LENSAINDONESIA.COM: Masjid Al-Akbar Surabaya mendapat kiriman seekor sapi kurban dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Sapi yang akan dikurbankan setelah Sholat Idul Adha besok itu sangat spesial. Sebab, sapi jenis Simmental pembelian Soekarwo tersebut memiliki bobot 1,3 ton.

“Ini sapi istimewa, benar-benar juara,” ujar Sekretaris Dinas Peternakan Jawa Timur Irawan Subiyanto saat memantau pengiriman sapi tersebut, Senin sore (14/10/2013).

Kata Irawan, sapi berukuran ‘Jumbo’ asal Bojonegoro itu berumur 5 tahun. “Sapi ini juga pernah juara di beberapa kontes di Kabupaten Blitar beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Sapi jenis Simmental seberat 1,3 ton yang kini telah di tempatkan di halaman Masjid Al Akbar, Surabaya tersebut ditafsir seharga lebih dari Rp 70 juta. Jika disembelih, akan menghasilkan daging tulang sekitar 700 kg.

“Untuk sapi jenis yang sama dengan bobot satu ton, harga mencapai Rp 70 juta. Kalau punya Pakde Karwo (Gubernur Soekarwo) dengan bobot 1,3 ton anda bisa kira-kira sendiri harganya,” ungkap Irawan.

“Sapi ini mampu menghasilkan Daging murni sekitar 500 kg, jumlah ini cukup untuk satu batalion tentara” ujarnya.

Disisi lain kedatangan sapi ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar, khususnya anak-anak. Pasalnya sapi yang dikirim sangat besar. Bahkan beberapa anak menganggap seperti Bison.

“Ini sangat besar mas, bahkan kayak bison di kebun bintang,” kata  Dian, salah satu anak kecil tengah menonton sapi kurban di kawasan Masjid Agung.@bagus