LENSAINDONESIA.COM: Permainan olahraga tradisional seperti balap karung masih belum mati di Lamongan. Setidaknya setiap kali peringatan HUT RI dan Hari Olahraga Nasional (Haornas), olahraga tradisional yang jamak dimainkan di pedesaan ini masih diselenggarakan secara rutin.

Seusai upacara peringatan Haornas XXX, Jum’at (18/10/13) di alun-alun Kota Lamongan, lomba olahraga tradisional itu dihelat dengan semarak. Wajah dari peserta lomba ini mewakili perbedaan olahraga tradisional dengan olahraga modern.

Tidak ada wajah peserta yang muram meski jatuh dan kalah. Karena konsep dari semua olahraga tradisional adalah dilakukan bersama-sama dan bersenang-senang. Tak terkecuali Bupati Fadeli dan forum pimpinan daerah (forpimda) yang turut berlomba balap karung goni ini.

Berbekal kualitas fisik, Dandim 0812 Letkol Inf Ade Rizal Muharram menjadi kontestan pertama lomba balap karung goni yang menyentuh finish. Sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Timur Pradoko finish kedua disusul Bupati Fadeli di tempat ketiga.

Bukan hanya lomba balap karung goni, di tempat yang sama juga digelar dua olahraga tradisonal lainnya. Yakni lomba tarik tambang dan lomba gapyak (sandal dari kayu) panjang beregu dengan peserta dari pegawai Pemkab Lamongan.

Sementara itu, sebelumnya, saat upacara Haornas Bupati Fadeli memberikan penghargaan dan uang pembinaan kepada 10 insan olahraga di Lamongan yang berprestasi. Mereka adalah Imron Rosidi sebagai insan pemerhati dan peduli olahraga, dan Hardi Ismanu bersama Ragil Sudirman dan Arif Helmi sebagai pelatih berprestasi.

Kemudian Robby Aufar Rizqi atlet panahan yang berprestasi tingkat propinsi, serta Dhorifatus Syafi’iah dan Nanda Dea Cahyaningtias sebagai atlet panjat tebing berprestasi tingkat propinsi. Selanjutnya Esty Alifia sebagai atlet atletik berprestasi tingkat propinsi, M Khozin atlet gulat berprestasi tingkat propinsi dan Burhanudin sebagai atlet pencak silat berprestasi tingkat propinsi.

Di tempat yang sama juga diserahkan piala kepada Kodim 0812 Lamongan sebagai juara pertama gerak jalan mayangkara kategori putra dan MTs Al Mubarokah Kecamatan Turi sebagai juara pertama putri. Juga diberikan piala juara pertama gerak jalan SD/MI putra kepada SDN Banjarmendalan dan kategori putri dan putra.

Untuk juara pertama kategori SMP/MTS putra diraih SMPN 2 Lamongan dan kategori putri juga oleh SMPN 2 Lamongan. Sedangkan kategori SMA sedrajat putra diraih SMKN 1 Lamongan dan kategori putri oleh SMAN 1 Lamongan.@ Ali Muhtar