LENSAINDONESIA.COM:  Sebanyak 45 orang siswa sekolah dan warga di wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terjangkit penyakit hepatitis A. Belasan diantaranya harus menjalani rawat inap di Puskesmas.

“Awalnya anak saya demam dan muntah-muntah,” terang Suharsi, orang tua Pramono, salah satu pasien, Minggu (20/10/2013).

Menurutnya, beberapa hari lalu, anak laki-lakinya yang duduk di kelas 3 Sekolah Dasar itu, tiba-tiba kehilangan nafsu makan. Selain itu, suhu tubuhnya naik. Tidak itu saja, bocah berusia 9 tahun tersebut menjadi malas-malasan.

Mengetahui hal itu, Suharsi kemudian membawa anaknya berobat ke salah satu dokter praktek di daerahnya. Namun tak kunjung sembuh. Demam sempat turun, tetapi selang beberapa jam kemudian kambuh lagi. Sehingga diputuskan untuk dibawa ke Puskesmas Ngadirojo yang memiliki fasilitas rawat inap.

“Ini sudah membaik. Meski belum pulih benar,” ucap Suharsi.

Kepala Puskesmas Ngadirojo, dr. Sukamto mengakui, jika dalam beberapa waktu terakhir ada 10 orang penderita Hepatitis A yang menjalani rawat inap. Namun semua telah dinyatakan sembuh. Rata-rata penderita menjalani rawat inap selama tiga hari.

Umumnya mereka yang terjangkit adalah anak-anak hingga remaja. Dari catatan Puskesmas Ngadirojo ada 45 orang. Sisanya sebanyak 35 orang, hanya rawat jalan.

“Karena orang tuanya kuatir, maka mereka minta dirawat di Puskesmas,” tutur dr. Sukamto.

Sukamto berpesan, bagi para penderita agar selalu menjaga kondisi tubuhnya. Diantaranya dengan istirahat yang cukup serta memperhatikan asupan gizi. Selain itu, sanitasi lingkungan juga harus diperhatikan. Termasuk kebersihan makanan atau jajanan di rumah maupun disekolah.

Sehubungan dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, dr. Eko Budiyono mengatakan, penderita Hepatitis A ringan tidak membutuhkan pengobatan secara khusus. Cukup dengan menerapkan pola makan bergizi
dan bervitamin serta cukup istirahat.

Dengan demikian kekebalan tubuh meningkat dan penderita dapat sembuh dengan sendirinya. Tidak itu saja, kesadaran untuk hidup sehat harus ditingkatkan. Misalnya, selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.

“Panyakit ini save limited. Artinya bisa sembuh dengan sendirinya,” katanya.@w_arso