LENSAINDONESIA.COM: Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) siap berangkatkan 12 atlet gulat Pelatnas ke Rumania guna melakukan persiapan jelang SEA Games 2013 Myanmar.

Demi mengulang pencapaian gemilang cabang olahraga gulat yang berhasil membawa pulang 11 medali di SEA Games tahun 2011 lalu, PB PGSI memberi kesempatan pada 12 atletnya untuk berangkat ke Rumania guna melakukan serangkaian persiapan jelang SEA Games 2013.

Seperti yang dijelaskan Sutiyono selaku Ketua PB PGSI saat ditemui LICOM, Kamis (24/10), ke-12 atlet gulat Indonesia akan melakukan tryout pada 30 November hingga 7 November mendatang.

“Selama digembleng di Rumania, 12 pegulat didampingi lima pelatih, empat diantaranya pelatih nasional dan satu lagi dari Rumania. Pelatih asing yang dikontrak yaitu Klaudio langsung bergabung di negaranya selama atlet gulat nasional melakukan try-out di beberapa kejuaraan nasional di Rumania,” jelas Ketua Umum PB PGSI, Sutiyono di Jakarta, Jumat (25/10).

Pada SEA Games XXVII mendatang, para pegulat nasional akan menghadapi persaingan ketat dari pegulat asal Vietnam, Thailand, Filipina serta tuan rumah Myanmar. Untuk itulah sangat diperlukan latih tanding dengan lawan yang jauh lebih kuat bagi para atlet nasional Indonesia untuk dapat memperoleh hasil maksimal.

“Lawan kita paling berat di Myanmar nanti akan datang dari Vietnam, Thailand, Filipina dan juga tuan rumah. Untuk itu sangat diperlukan lawan tanding yang jauh lebih kuat agar nantinya bisa memperoleh hasil maksimal,” tambahnya.

Para atlet gulat nasional yang dikirim ke SEA Games XXVII Myanmar mendatang juga mempunyai peluang melangkah ke Asian Games di Incon Korsel tahun 2014. PB PGSI sudah mendapatkan surat edaran dari KOI untuk mempersiapkan atletnya menuju multi event Asia setelah tampil di SEA Games 2013 Myanmar.@muhammadrusjdi