Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE SPORT

BTN minta PSSI bantu pembiayaan TC jangka panjang timnas U-19 

LENSAINDONESIA.COM: Keinginan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri untuk menggelar Training Center (TC) jangka panjang akhirnya menjadi kenyataan. Hal itu diwujudkan setelah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Badan Tim Nasional (BTN), merealisasikannya.

Terlebih lagi, BTN dalam hal ini juga memberikan kontrak kepada Indra Sjafri untuk menggelar TC jangka panjang yang berdurasi dua tahun, yaitu sejak Oktober 2013 hingga Oktober 2015 guna menghadapi Piala Asia U-19 2014 di Myanmar dan target lolos Piala Dunia U-20 pada 2015 di Selandia Baru. Namun, Indra Sjafri sendiri, baru akan memulai program TC jangka panjangnya pada 9 November 2013 mendatang.

Meski demikian, para pemain timnas Garuda Muda tak dilarang jika dikontrak klub profesional. Hanya, klub yang bersangkutan harus melepaskan pemainnya saat menjalani pemusatan latihan.

Selain itu, BTN juga meminta PSSI agar mendukung kebijakan tersebut. Salah satu caranya, berkomunikasi dengan klub agar mengizinkan pemainnya mengikuti TC secara penuh. Artinya, meski dikontrak klub, pemain tetap tak bisa dimainkan klub saat kompetisi. La Nyalla juga meminta induk sepak bola nasional itu membantu pembiayaan selama TC berlangsung.

“Jadi PSSI harus membantu kebutuhan timnas dalam TC ini, terutama masalah biaya. Dana bisa didapatkan PSSI dari karcis, sponsor dan pengurus PSSI secara pribadi. Selain itu PSSI harus bicara kepada masing-masing klub untuk mengizinkan pemainnya ikut TC,” ungkapnya seperti dilansir situs remi Liga Indonesia.

Di tempat bersamaan, Sekjen PSSI Joko Driyono mengatakan, pihaknya bakal berkomunikasi dengan klub sesegera mungkin. Namun, untuk urusan kontrak, otorita sepak bola Indonesia ini tak punya hak melarang.

“Secara regulasi kami tidak bisa membatasi pemain untuk berbicara dengan klub. Tapi PSSI akan mengatur agar semua permintaan pelatih dipenuhi, khususnya agar semua pemain dilepas klubnya. Kami juga akan memproteksi program terkait kebutuhan pemain agar tidak terganggu,” ujar Joko Driyono.

Baca Juga:  Ansy Lema bicara persoalan perubahan iklim di forum internasional

Rencananya, program TC jangka panjang akan dimulai pada 9 November. Pelatih Indra Sjafri telah mempersiapkan periodisasi timnas U-19 menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan umum yang fokus pada peningkatan fisik pemain, seperti VO2 Max. Setelah itu akan masuk tahap persiapan khusus seperti uji coba tim dengan klub-klub lokal dan luar negeri.