LENSAINDONESIA.COM: Demi kelancaran penyelenggaraan Jakarta Marathon 2013, Ditlantas Polda Metrojaya siap menutup sebagian ruas jalan utama di ibukota.

Mandiri Jakarta Marathon 2013 yang rencananya akan digelar pada 27 OKtober mendatang, merupakan sebuah event internasional yang diikuti oleh lebih dari 50 negara peserta. Lantaran hal tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya selaku penanggung jawab keamanan jalannya perlombaan, siap menyulap sebagian ruas utama jalanan dijakarta menjadi rute marathon yang steril dari kendaran bermotor selama 10 jam.

Pengalihan dan penutupan sebagan jalan pada hari Minggu tersebut akan berlangsung selama 10 jam, mulai 14.oo – 24.00 WIB. Namun beberapa jalan alternatif bagi para pengguna kendaraan bermotor juga telah disiapkan oleh pihak kepolisian.

“Kita sudah siapkan skema pengalihan arus lalu lintas sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian,” ujar Kabag Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, di Jakarta, Kamis (24/10).

Berikut rupa perubahan arus Jakarta, Minggu 27 Oktober 2013:

1. Arus kendaraan dari arah Jembatan Lima menuju Asemka dialihkan ke Jl. Perniagaan jalan layang Tubagus Angke.

2. Arus kendaraan dari arah Penjagalan menuju Asemka dialihkan ke kanan Jl. Perniagaan jalan layang Tubagus Angke atau ke kiri Jl.
Perniagaan Tiga – Pintu Kecil dan seterusnya.

3. Arus kendaraan dari arah Pangeran Jayakarta menuju Beos dialihkan ke kiri Jl. Pinangsia Timur – ke kanan Mangga Besar atau kendaraan dari arah Gunung Sahari diputar balik ke depan Mangga Dua Square.

4. Arus kendaraan dari arah Gunung Sahari melalui Jl. R.A. Kartini dialihkan ke kiri ke Jl. Karang Anyar Utama.

5. Arus kendaraan dari arah K.H. Hasyim Azhari menuju Gajah Mada dialihkan ke kanan Jl. Cideng Timur atau ke kanan Jl. Sangaji.

6. Arus kendaraan dari arah Kyai Caringin menuju Harmoni dialihkan ke Cideng Barat maupun Cideng Timur.

7. Arus kendaraan dari arah Jati Baru menuju Abdul Muis atau menuju Kebon Sirih dialihkan ke Cideng Timur atau Jl. K.H. Mas Mansyur.

8. Arus kendaraan dari arah Jl. K.H. Samanhudi menuju Hayam Wuruk dialihkan ke Pecenongan ke kiri Juanda – Jl. Pos dan seterusnya atau diputar balik ke arah Gunung Sahari atau dialihkan ke kiri Jl. Krekot Bunder.

9. Arus kendaraan dari arah Kwitang menuju M.H. Thamrin atau Medan Merdeka Timur dialihkan ke Jl. A.M. Ridwan Rais – Medan Merdeka Selatan ke kiri Jl. Agus Salim (ke kiri Kebon Sirih atau Wahid Hasyim) atau diputar balik ke Doorbrak Gramedia Kwitang ke arah Senen.

10. Arus kendaraan dari arah Jl. S. Parman menuju Jl. Gatot Subroto dialihkan ke kiri Jl. K.S. Tubun atau ke kanan Palmerah atau Jl. Pejompongan.

11. Arus kendaraan dari arah Jl. Dr. Satrio menuju Jl. Jenderal Sudirman diluruskan ke jalan layang Karet – K.H. Mas Mansyur begitu pun arah sebaliknya.

12. Arus kendaraan dari arah Casablanca maupun dari arah Dr. Satrio menuju Jl. H.R. Rasuna Said diluruskan ke jalan layang Casablanca di kedua arah tersebut.

13. Arus kendaraan dari arah Jl. Galunggung maupun menuju ke Jl. Jenderal Sudirman diluruskan di kedua arahnya.

14. Arus kendaraan dari arah Jl. Diponegoro menuju Jl. Imam Bonjol dialihkan ke kiri Jl. Madiun – ke kanan Jl. Halimun – ke kiri Jl. Sultan Agung atau Jl. Diponegoro ke kiri Jl. Cik Ditiro.

15. Arus kendaraan dari arah Jl. H.O.S. Cokroaminoto dan Jl. Sam Ratulangi menuju Jl. Imam Bonjol dialihkan ke kiri Jl. Sutan Syahrir.

16. Arus kendaraan dari arah tol dalam kota menuju ke barat yang mau keluar di depan Cakra diluruskan keluar depan DPR/MPR.

17. Arus kendaraan dari arah Jl. M.T. Haryono menuju Jl. Gatot Subroto dialihkan ke kiri Jl. Pasar Minggu Raya atau ke kanan Jl. Prof. Dr. Supomo dan kendaraan dari Jl. Prof. Dr. Supomo maupun Pasar Minggu diluruskan atau dialihkan ke Jl. M.T. Haryono dan kendaraan dari Pasar Minggu bisa dialihkan ke Jl. Duren Tiga.

18. Arus kendaraan dari arah Jl. Mampang Prapatan menuju Jl. H.R. Rasuna Said dialihkan melalui Jl. Duren Tiga, Jl. Mampang Prapatan 7 (Jl. Bangka) atau Jl. Kapten Tendean – Jl. Wolter Monginsidi dan seterusnya.

19. Arus kendaraan dari arah Jl. Panglima Polim menuju Jl. Sisingamangaraja dialihkan ke Jl. Melawai – Jl. Sultan Iskandarsyah – Jl. Wijaya 1 atau melalui Jl. Tirtayasa, adapun jalan lainnya melalui Jl. Kyai Maja atau ke Jl. Trunojoyo – Jl. Wolter Monginsidi dan seterusnya.@muhammadrusjdi