LENSAINDONESIA.COM: TNI Angkatan Udara menggelar latihan Angkasa Yudha yang dibuka pada tanggal 7 Oktober lalu. Sedangkan Gladi posko merupakan latihan untuk menguji rencana, taktik dan strategi yang sudah dilaksanakan mulai tgl 21-24 Oktober lalu, di Seskoau Lembang, Bandung. Pelaksanaan untuk Gladi Lapang atau manuver lapang akan di laksanakan tanggal 28-1 November mendatang.

“Manuver lapangan ini yang akan kita ikuti. Di sana akan dikerahkan seluruh kekuatan udara sesuai perencanaan dan strategi yang telah dibuat saat gladi posko yang lalu,”kata Kadispen AU, arsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, Sabtu (26/10/13).

Ia menjelaskan, Angkasa Yudha adalah sandi operasi latihan yang digelar dan ini merupakan latihan puncak TNI AU. Fungsinya untuk menguji doktrin dan kesiapan seluruh unsur angkatan udara dalam mendukung operasi gabungan TNI saat perang atau situasi konflik.

“Pangkalan yang dipakai dalam latihan, ada tiga tempat yaitu, Batam, Pontianak dan Natuna. Untuk di Batam kita gelar Sukhoi, sedang pesawat lainnya digelar di Pontianak. Natuna sendiri dalam skenario latihan telah direbut oleh musuh,”ujarnya.

Kadispen AU menjelaskan, untuk merebut Natuna ini dari musuh, digelar operasi Angkasa Yudha, dimana TNI AU merupakan bagian dari operasi gabungan TNI.

“Jadi, latihan Angkasa Yudha ini, merupakan operasi gabungan TNI dan saat ini yang dilatih hanya unsur dari angkatan udaranya saja,”pungkasnya. @winarko