Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

PKS berharap SBY sebelum lengser, selesaikan Blok Mahakam 

LENSAINDONESIA.COM: Wakil Ketua DPR RI,  Sohibul Iman memastikan, DPR terus berupaya agar Blok Mahakam agar kembali dikelola Indonesia melalui advokasi, seperti memperjuangkan 100 persen saham Offshore North West Java (ONWJ) ke Pertamina dari British Petrolium (BP).

“Kemudian, waktu West Madura Offshore (WMO) itu juga kita perjuangkan. Tapi, hanya 80 persen ke Pertamina dan 20 persen ke yang lain,” kata Sohibul di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2013).

Politisi PKS ini juga berharap, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menunjukan usahanya untuk dapat mengembalikan pengelolaan Blok Mahakam ke Indonesia sebelum lengser.

“Tentu satu hal diharapakan pada SBY, mudah-mudahan bisa berikan warisan yang positif bagi Indonesia dengan mengembalikan Blok Mahakam pada BUMN atau entitas nasional,” ungkapnya.

Seperti diketahui, kontrak Blok Mahakam antara Indonesia dengan dua perusahaan asing, Inpex (Jepang) dan Total (Perancis) berlangsung sejak 1 April 1967 sampai Maret 2017. Sejak 2007 silam, dua korporasi eksplorasi sumberdaya alam itu sudah mengajukan perpanjangan kontrak. Sedangkan Pertamina mengajukan proposal sejak 2008. Namun, pemerintah hingga saat ini belum menyatakan sikapnya.

Awalnya, Blok Mahakam memiliki 27 triliun cubic feet (TCF) cadangan gas dan 600 juta barel minyak. Namun ketika kontrak akan berakhir, diperkirakan menyusut menjadi 6-8 triliun TCF gas dan 100 juta barel minyak. Diasumsikan, nilai dari cadangan gas dan minyak itu mencapai sekitar Rp 1.100 triliun. @endang

Baca Juga:  Pemkot Surabaya siap kelolah limbah B3 sendiri