LENSAINDONESIA.COM: Wacana pemisahan Kota Depok dari Provinsi Jawa Barat dan gabung ke DKI Jakarta terus digulirkan. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, menilai wacana memasukkan Kota Depok ke wilayah DKI Jakarta bisa saja direalisasikan, asal didukung dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Saya pernah mendengar wacana usulan tersebut pernah disampaikan seorang anggota DPR beberapa waktu lalu. Kalau wacana silahkan saja, tapi pemerintah tentu tidak berangkat dari wacana, tapi dari aturan-aturan yang ada,” ujarnya di Jakarta, Selasa (29/10).

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengganggap bahwa hal itu sulit direalisasikan. Harus melalui Undang-undang. Jika penggabungan itu ada referendum, mesti ada masukan masyarakat, DPR, DPRD, dan pejabat lainnya. “Nggak mungkin terealisasi,” tegas Ahok.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menegaskan, meskipun jarak Kota Depok ke Jakarta lebih dekat dibanding ke ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Bandung, belum ada rencana untuk mengeluarkan Depok dari wilayah Provinsi Jawa Barat. “Tidak ada informasi tentang itu, dulu kan juga ada wacana Cirebon jadi provinsi. Tidak ada alasan politis untuk itu,” katanya. @silma