Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Tourism Selangor bersama beberapa delegasi hadir di Indonesia untuk menggalakkan potensi wisata yang dimiliki oleh wilayah bagian Malaysia ini. Setelah mengadakan pameran dalam Indonesia Travel Expo 2013 di Istora senayan Jakarta pada 25–27 Oktober lalu, kini tourism Selangor juga hadir di Surabaya.

Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya dinilai berpotensi besar untuk mendatangkan devisa bagi negara lain untuk dikunjungi wisatawan asal kota Pahlawan ini. Bertempat di Garden Palace Hotel Surabaya, pihak panitia tourism Selangor mengajak para agen travel di Surabaya serta rekan-rekan media untuk melihat keanekaragaman yang dimiliki Selangor dalam ajang promosi ini.

Beragam daerah tujuan wisata mulai dari alam hingga wisata pengobatan di beberapa rumah sakit bertaraf internasional di Selangor Malaysia siap menyambut wisatawan Surabaya.

“Jumlah wisatawan dari Indonesia ke Selangor terus bertambah. Dari sekitar 171 ribu di tahun 2010 meningkat ke 203 ribu di 2012. Di tahun 2013 ini kami menargetkan 232 ribu turis asal Indonesia,” jelas Noorul Ashikin BT. Mohd Din, Pengurus Besar Tourism Selangor kepada LICOM, Rabu (30/10/2013).

Sementara untuk devisa yang ditargetkan diraup pihak pariwisata Selangor dari wisatawan Indonesia adalah sekitar 500 ringgit per orang dikali total target wisatawan sebanyak 232.000 orang.

Tourism Selangor menawarkan berbagai paket menarik untuk memenuhi citarasa pengunjung dengan pilihan yang beraneka. Ada banyak tujuan wisata di Selangor seperti Masjid Biru, Batu Caves, Sunway Lagoon, sepang Gold Cost juga puluhan Mall serta museum lilin interaktif pertama di Malaysia.

“Antara paket lain yang ditawarkan termasuklah paket kebudayaan, membeli-beli, aktiviti mencabar dan homestay,” ujar Md Saad Mahsah, PR & Promotion Manager Tourism Selangor.

“Usaha ini juga diharapkan dapat mempererat lagi hubungan di antara Selangor dan Indonesia,” imbuhnya.

Selain wisata Alam dan belanja, wisata pengobatan juga menjadi pundi-pundi pendulang ringgit. Selangor menawarkan berbagai tempat berobat dengan alat-alat tercanggih serta harga yang lebih murah dibandingkan negara-negara tetangganya. Menurut YB Puan Dr. Daroyah binti Alwi, Exco Kesehatan menyatakan, pasien yang terbanyak berkunjung adalah pasien penderita kanker dan jantung.

“Terlebih saat ini teknologi pengobatan kami termasuk terdepan dan biayanya lebih murah jika dibanding berobat ke Singapura dan negara-negara lain di Asia. Bagi keluarga pengantar berobat dapat mengunjungi tempat-tempat wista kami serta menginap di hotel–hotel yang ada di Selangor” jelas Daroyah.

Beberapa delegasi yang terlibat dalam acara yang bertajuk ‘Selangor meet Indonesia’ merupakan perwakilan dari Sunway Medical Center, Shah Alam Convention Center, DEMC Specialist Hospital, Majlis Derah Hulu Selangor, Majlis Bandara Shah Alam, Sri Kota Specialist Medical Centre, Cyberview Resort & Spa, Hospital columbia Asia dan De Palma Hotels. @Syska_Liana