LENSAINDONESIA.COM: Dugaan Penyadapan yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat atas Indonesia sangat berkaitan erat dengan kepentingan Pemilu Presiden tahun 2014 mendatang. AS dinilai sangat berkepentingan untuk ikut bermain demi kepentingan kebijakan luar negerinya atas Indonesia.

“Kemungkinan ke arah sana sangat kuat, banyak hal yang ingin Amerika ambil untuk Indonesia, terutama masalah sikap Indonesia terhadap kebijakan investasi dan kebijakan perdagangan, ” ujar pengamat Intelijen dari Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (LESPERSSI), Rizal Darma Putra di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (09/11/2013).

Selain masalah ini, Rizal juga menduga bahwa kepentingan Negeri Paman Sam tersebut berkaitan dengan sikap Indonesia terkait ketegangan di Laut China Selatan yang melibatkan beberapa negara seperti Vietnam, Filipina, China dan AS.

“Soal posisi Indonesia terhadap sengketa di Laut China Selatan. Itu dua hal besar dan umum yang mungkin diinginkan AS,” pungkasnya. @firdausi