LENSAINDONESIA.COM: Riuhnya komentar sinis seputar rencana Presiden SBY akan menulis buku, ditanggapi dingin kader PKS. Anggota Komisi III dari PKS, Aboe Bakar malah seperti menganggap aneh atau “ngapain” ribut soal seseorang berencana bikin buku.

Kalau pun SBY, katanya, benar akan mencurahkan hati selama jadi presiden, termasuk menulis fitnah yang menderanya selama ini, sah-sah saja.

“Saya rasa biasa saja bila seseorang menulis pengalaman hidup atau pun autobiografinya. Sah-sah saja Presiden hendak Curhat dalam buku yang akan ditulis. Toh, selama ini sudah sering pula kita dengar Curhat dalam pidato beliau,” kata Aboe Bakar kepada Licom, Jakarta, Selasa (12/11/13).

Politis Partai PKS ini, mengaku tidak ingin berandai-anda tentang isi buku yang akan ditulis itu. “Kita tunggu saja bersama, apa isinya,” kata kader PKS ini.

“Saya rasa tak perlu khawatir dengan isinya. Saya yakin beliau seorang negarawan, tak mungkin akan memojokkan pihak-pihak tertentu. Lagi pula, masyarakat kini telah dewasa. Mereka akan bisa menyikapi setiap pemberitaan dan opini secara bijak,” tandasnya.

Ditanya apa PKS tidak khawatir buku SBY bakal nyerang-nyerang lawan politik? Aboe Bakar menjawab, “Saya rasa publik sudah semakin dewasa dan cerdas. Bila berpolitik tanpa kesantunan pasti tidak mendapat simpati rakyat. Kita meyakini rakyat memiliki hati nurani yang tajam, tak akan mempan lagi politik pencitraan dan politik belas kasihan,” paparnya.

Sebelumnya lewat akun twitternya @SBYudhoyono, SBY mengatakan akan bercerita tentang pengalamannya selama 9 tahun memimpin negeri ini. “Awal Desember ini, cerita yang penuh kejutan itu akan saya bukukan, saya menulisnya sendiri, termasuk judulnya, ‘Selalu Ada Pilihan’#SAP”, kicau SBY kemarin (10/11/13).

Selain itu, SBY juga bilang bahwa buku tersebut dipersembahkan untuk presiden selanjutnya agar lebih siap menghadapi tantangan, ujian dan cobaan seperti yang dialaminya.

“Anggaplah buku ini hak jawab saya terhadap gunjingan, kritik, cemooh bahkan fitnah yang saya alami selama memimpin lebih dari 9 thn ini. #SAP,” ujarnya di akhir kicauannya. @endang