LENSAINDONESIA.COM: Bantuan tahap kedua bagi korban angin topan di Filipina, Sabtu (16/11/13) pagi ini kembali diberangkatkan dari pangkalan udara TNI Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Dengan membawa bantuan makanan dan tenda keluarga, bantuan seberat 11,8 ton diterbangkan dengan pesawat Hercules milik TNI AU.

Komandan pangkalan udara Halim perdana kusumah, Marsekal Pertama Sri Pulung mengatakan, dalam pengiriman bantuan ini, selain bantuan, belasan krew anggota dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga turut diberangkatkan.

“Tak hanya bantuan makanan namun kami juga turut mengirimkan 16 krew pesawat dan 3 anggota dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” ujarnya di Halim Perdana Kusuma, Sabtu (16/11/13).

Nantinya pesawat yang ditargetkan tiba di kota Uchebu Filipina setelah 7 jam perjalanan ini akan mendistribusikan bantuan kedua daerah bencana yaitu Ucebu dan Tacloban.”Tim ini akan berada di Filipina selama 1 minggu,” ungkapnya.

Diketahui, daerah Uchebu merupakan daerah yang digunakan sebagai home base dari pemerintah Indonesia sebagai pos komunikasi dan juga koordinasi penyaluran logistik. Seperti diketahui, bantuan kepada korban angin topan masih mengalami kendala dikarenakan akses menuju lokasi sangat sulit.@silma