Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Industri

Pengusaha yang keberatan memenuhi UMK, disarankan pindah ring dua 

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur menyarankan sejumlah industry padat karya untuk pindah ke ring dua, kawasan Jombang, Lamongan, Mojokerto dan Madiun.

Saran ini muncul, untuk memberi solusi kepada para pengusaha yang mengalami kendala terhadap upah minimum buruh di wilayah ring satu.

Budi Setyawan Kepala Disperindag Prov Jatim mengungkapkan kawasan yang berada di ring dua notabene masih memiliki standart upah yang terjangkau.

“Kawasan Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik tuntutan upahnya cukup tinggi, iklim usaha sudah tidak kondusif, lebih baik mereka boyongan ke ring dua,” ujarnya saat ditemui oleh LICOM seusai sholat Jumat (15/11/13).

“Sisi positifnya, kepindahan industrial padat karya ini juga bisa meningkatkan kualitas ekonomi daerah lain, pemerataan usaha ini juga akan menyerap tenaga kerja baru, selain itu akan mempersempit jarak ketimpangan ekonomi antar daerah,” tambahnya.

Meskipun begitu, Budi menambahkan upaya ini membutuhkan pertimbangan cukup panjang. “Saat ini memang belum ada yang memutuskan pindah, karena kami tahu para investor akan menghitung kembali pengeluaranya,” tambahnya. @bagus

Caption: Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur Budi Setyawan.

Baca Juga:  Buka Parade Surabaya Juang 2019, Risma: Jangan lupakan jasa pejuang