Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Industri

Tekan import bahan tambang, Indonesia bentuk kerja sama segitiga 

LENSAINDONESIA.COM: Untuk menekan import bahan tambang, pemerintah pusat ciptakan sistem industrial kerja sama segitiga. Melibatkan Kalimantan, Sulawesi dan Jawa Timur.

Jatim dipilih karena dianggap sebagai daerah dengan pertumbuhan industri yang bagus dan kondusif, baik fasilitas maupun iklim kerjanya.

Budi Setyawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur mengatakan, ketiga wilayah ini, nantinya menjadi penopang industri-industri bahan baku pendukung. “Industri baja, besi dan nikel, menjadi bidikan guna menekan import,” ujarnya.

“Mekanismenya, ketiga daerah tersebut terintergrasi dan saling mendukung dalam peningkatan produksi dari komoditi barang import, sehingga nanti akan menekan permintaan barang dari luar negeri,” tambah Budi.

Lebih lanjut Budimenjelaskan, dengan sistem ini, Indonesia mampu menyediakan Baja sendiri. “Bahan baku baja seperti suplai biji besi mencapai 1,2 juta ton setiap tahunya, tidak menutup kemungkinan, Indonesia sudah tidak butuh import baja lagi,” tenadasnya. @bagus

Baca Juga:  Pabrik polietilena baru di Cilegon akan dikembangkan lagi untuk kurangi ketergantungan impor