Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE LIFETREND

Desember, Makassar Film Festival digelar 

LENSAINDONESIA.COM: Indonesia kini kebanjiran festival film lokal, selain Festival Film Indonesia yang tiap tahun digelar. Simak aja ada festival film di Bandung, Purbalingga, Tegal dan kini terdapat di Makassar yang bertajuk ‘Makassar Film Festival’. Festival ini nantinya akan diadakan pada tanggal 7 – 8 Desember 2013 dengan menghadirkan program pemutaran film, mini workshop hingga penghargaan khusus film bioskop.

Rezkiyah Saleh Tjako selaku Direktur Festival menyatakan festival ini merupakan yang pertama kali diadakan yang direncanakan digelar setiap tahun menyambut ulang tahun kota Makassar yang diperingati tiap tanggal 9 November.

“Karena sejumlah kendala, membuat penyelenggaraan yang pertama kali ini harus kami undur ke awal Desember. Semoga selanjutnya bisa berjalan lancar dan diadakan setiap awal November,” ujar Rezkiyah dalam siaran pers diterima LICOM di Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Dijelaskan, di tahun pertama Makassar Film Festival ini belum diadakan kompetisi film sebagaimana layaknya sejumlah festival film lainnya di Indonesia. “Kami terkendala persoalan klasik festival yakni pembiayaan dan waktu. Karenanya daripada kami selenggarakan dan tidak maksimal, maka kami sepakat untuk tahun pertama meniadakan dulu. Insya Allah tahun kedua sudah akan mulai dilaksanakan kompetisi, terutama film pendek,” katanya.

Salah satu yang menarik dari festival film ini, kata Rezkiyah, adalah program Suara Dari Timur. Program ini mencari dan memutar film-film dari Indonesia bagian Timur. “Karena Makassar dianggap sebagai kota utama di Indonesia Timur, maka sewajarnya jika kami berfokus pada film yang dihasilkan sineas di wilayah itu. Program ini akan menjadi menu utama kami setiap tahunnya,” jelasnya.

Makassar Film Festival ini sendiri diselenggarakan murni oleh anak muda Makassar yang tergabung di sejumlah komunitas film. Festival ini disokong oleh 4 dewan pembina yakni Ichwan Persada (produser film/creativepreneur yang baru saja menyelesaikan tugas sebagai Ketua Tim Ahli Apresiasi Film Indonesia 2013), Firman Baso (praktisi komunikasi dari iSee Production yang baru selesai sebagai Ketua Panitia Pelaksana Apresiasi Film Indonesia 2013), Sunarti Sain (pemimpin redaksi Harian Radar Selatan) dan Iko MD (program director/music director Radio Madama Makassar).

Baca Juga:  AMSI Jatim sesalkan eksekusi paksa Kantor Harian Duta Masyarakat, ini alasannya

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Makassar Film Festival dapat membuka website www.filmdaritimur.com/mksfilmfest. @Rudi