Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEALTH

Mau panjang umur? Perbanyaklah makan kacang 

LENSAINDONESIA.COM: Anda ingin panjang umur? Cobalah mulai saat ini memperbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan. Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang rutin memakan kacang-kacangan memiliki angka harapan hidup lebih lama.

Temuan yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyarankan manfaat terbesar bisa dirasakan oleh mereka yang rajin mengunyah kacang dalam porsi wajar sehari-hari.

Tim dari Amerika Serikat mengatakan, para pemakan kacang ini mungkin juga memiliki gaya hidup yang sehat, tetapi kacang sendiri juga berkontribusi terhadap umur mereka yang lebih panjang.

Sementara British Heart Foundation mengatakan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini. Studi ini diikuti hampir 120.000 orang selama 30 tahun.

Semakin teratur para responden mengkonsumsi kacang-kacangan, semakin kecil kemungkinan mereka mati selama penelitian berlangsung.

Orang yang makan kacang seminggu sekali kemungkinannya untuk meninggal selama studi 11% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan kacang.

“Manfaat yang paling jelas adalah berkurangnya kematian akibat penyakit jantung sebanyak 29%, tetapi kami juga melihat penurunan yang signifikan, 11% dalam risiko kematian akibat kanker,” kata Dr. Charles Fuchs, peneliti utama dari Dana-Farber Cancer Institute and Brigham and Women’s Hospital.

Sementara itu, Victoria Taylor, ahli gizi senior di British Heart Foundation, mengatakan, studi ini menunjukkan hubungan antara teratur makan segenggam kecil kacang dan rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung koroner.

“Sementara ini merupakan kaitan yang menarik, kita perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi apakah itu kacang yang melindungi kesehatan jantung atau ini adalah aspek lain dari gaya hidup masyarakat,” beber Victoria Taylor.

Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh, protein dan berbagai vitamin dan mineral dan adalah pengganti yang baik untuk makanan ringan seperti cokelat, kue dan biskuit.

Baca Juga:  Jokowi terbitkan Inpres No.3/2019, La Nyalla sangat tepat pimpin PSSI

“Memilih kacang dengan rasa yang polos daripada manis, asin, kering-panggang atau yang berlapis coklat akan menjaga kadar garam dan asupan gula tetap rendah,” pungkas Victoria Taylor.@licom/bbc