LENSAINDONESIA.COM: Banyak bangunan apartemen dan mall di Jakarta yang sudah memiliki izin namun kenyataannya melanggar dari ketentuan, sehingga menjadi pekerjaan rumah Pemprov DKI yang tak kunjung rampung.

Salah satunya mall yang melanggar, diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yakni Plaza semanggi, dirinya mengatakan bangunan itu melanggar peraturan dan mengganggu lalu lintas. Namun, tidak bisa dibongkar karena memiliki izin yang lengkap untuk mendirikan bangunan.

“Mereka masalahnya sudah punya izin, kita gak bisa bongkar. kalau bilang melanggar peraturan, Plaza Semanggi juga mengganggu lalu lintas, tapi sudah terjadi kan,” ujar Ahok di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/13).

Mantan Bupati Belitung Timur Ini mengungkapkan bahwa selama ini kawasan semanggi memang sudah dikenal selalu mengalami kemacetan lalu lintas yang cukup parah, ditambah sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terdapat mall besar.

“Maka, sekarang kita ambil tindakan yang agak drastis, kasih bis gratis dan steril jalur busway kan jadi lumayan. kita lihat efeknya deh, ketika jalur busway belum steril, macet semua sisi. waktu sudah steril lebih macet, hari pertama macet gila-gilaan tapi begitu lancar orang-orang pindah. Di Semanggi, kemacetan berkurang karena sudah banyak orang sekitar jurusan Blok M (pilih) naik busway,” ungkapnya.

Selain itu orang nomor dua di DKI Jakarta ini mengaku sering bertemu dengan para bos perusahaan yang lebih memilih naik transjakarta ketimbang membawa mobil sendiri. Namun mereka masih mengeluhkan terkait jumlah armada bus transjakarta yang masih sedikit.

“Saya beberapa kali rapat ketemu bos, mereka lebih suka naik busway. Hanya saja armada busway sekarang masih kurang banyak,” pungkasnya. @silma/noviar