LENSAINDONESIA.COM: Warga Desa Ngindeng, Ponorogo, digemparkan oleh penemuan tengkorak manusia. Dugaan sementara, ini adalah tengkorang seorang wanita yang menghilang 5 bulan lalu.

Saat ditemukan kondisinya berserakan di tebing Bukit Kedung Ploso yang terletak di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Selasa (26/11/2013).

Penemunya adalah Yahyo (30) warga setempat yang berniat akan mengerjakan ladangnya. Ketika berjalan menaiki tebing ia  melihat seekor anjing liar yang sedang menggigit tulang dan terjatuh, setelah didekati serta diperhatikan, ternyata sepotong tulang manusia. Yahyo pun melapor pada perangkat desa setempat.

Kabar tersebut akhirnya sampai ke Desa Kemuning, Kecamatan Sambit yang berada dibalik bukit. Salah satu warga merasa kehilangan anggota keluarganya sejak Juni lalu. Dibantu warga lain melakukan pengecekan di sekitar penemuan tulang tersebut. Alhasil, tak jauh dari lokasi ditemukan pakaian wanita lengkap atasan dan bawahanya serta uang receh sebesar Rp 3000.

”Kita berhasil menemukan beberapa potong tulang yang berserakan, baju, jarit dan uang receh yang itu diyakini oleh salah satu cucu korban, bahwa itu yang dikenakanya sebelum korban menghilang,” ucap Supandi, perangkat Desa Kemuning yang turut membantu dalam pengecekan.

Petugas bersama keluaraga korban dibantu warga, akhirnya melakukan penyisiran di tempat kejadian perkara. Akhirnya ditemukan bebrapa tulang yang tersisa, diantaranya tulang tengkorak.

Kasat reskrim Polres Ponorogo, AKP Misrun, kemudian mengirim tulang-tulang yang kita temukan hari ini kita bawa ke RSUD dr Hardono. “untuk diotopsi dan meyakinkan jenis kelamin korban,” ucapnya.

Ditambahkanya, sebenarnya sudah dipastikan bahwa kerangka yang ditemukan tersebut adalah Situ, warga Kemuning, lantaran beberapa barang bukti yang ditemukan, identik dengan yang dikenakan korban sebelum menghilang.@arso