Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kontingen Indonesia yang beranggotakan 621 atlet yang akan berangkat ke SEA Games 2013 Myanmar, secara resmi dilepas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo yang didampingi Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI), Rita Subowo, di FX Senayan, Jakarta, Senin (02/12/13).

Pada kesempatan tersebut, Roy mengucapkan rasa terimakasihnya, sekaligus memberikan dorongan semangat kepada para atlet yang akan berjuang di ajang olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara, yang akan berlangsung di Myanmar, 11-22 Desember 2013 mendatang. Kontingen Indonesia sendiri akan mengikuti 33 cabang olahraga dari 35 yang dipertandingkan.

“Kita harus semangat dan terus berusaha semaksimal mungkin. Karena, kemenangan Indonesia bukanlah tanggjung jawab satu orang saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama. Saya juga menghargai perjuangan kalian semua, yang sudah mau mengeluarkan biaya sendiri untuk berobat dan hal lainnya,” ujar Roy saat memberikan sambutan.

Roy menegaskan, bahwa target yang diharapkan oleh kontingen Indonesia di SEA Games kali ini bisa tercapai. “Di SEA Games 2011 lalu, Indonesia bisa mempersembahkan 182 emas. Tapi yang pasti, untuk SEA Games tahun ini, kontingen Indonesia akan kehilangan banyak raihan medali emas, karena cabang tenis, paralayang, dan beberapa cabang olahraga lainnya yang dipertandingkan tahun 2011 tidak dipertandingkan di Myanmar. Jadi target realistis kita cukup 120 medali emas saja,” terang Roy.

Menurut Roy, target 120 medali emas sudah lebih dari cukup. Dan, ia menganggapnya sebuah target yang realistis. “Saya tidak mau menargetkan atlet dengan target yang tidak logis. Jadi, 120 medali emas dari 460 medali emas itu logis,” jelas Roy. @Muhammadrusjdi/noviar