Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    

BKKBN Jatim kampanye KB lewat wayang kulit dan ludruk 

LENSAINDONESIA.COM: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus lakukan kampanyekan program dua anak cukup kepada masyarakat dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan advokasi tentang pentingnya pemahaman program kependudukan dan KB agar tercipta keluarga kecil bahagia sejahtera dengan dua anak cukup.

Hal itu dilakukan lewat sejumlah cara, seperti menyelenggarakan Gelar Seni Budaya Tradisional Program Kependudukan dan Keluarga Berencana 2013 yang roadshow di 6 kota se-Indonesia, yaitu di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jakarta, Surabaya dan Pontianak.

Di Surabaya, BKKBN Provonsi Jawa Timur akan menggelar pertunjukkan wayang kulit dengan Dalang Ki Sinarto di halaman Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Sabtu (07/12/2013) besok.

“Acara ini digelar selain untuk menghibur masyarakat sekaligus mendapatkan pengetahuan akan pentingnya keluarga kecil bahagia sejahtera dengan dua anak cukup,” ujar Plh Kepala BKKBN Provinsi Jatim, Solikan saat ditemui LICOM di kantornya, Jalan Airlangga Suranaya, Jumat (06/12/2013).

Disinggung apakah acara ini dilakukan sebagai bentuk frustasi pihak BKKBN yang masih belum bisa menekan laju penduduk, dia menampiknya.

“Kalau dikatakan seperti itu ya saya rasa bukanlah. Ini merupakan model lain untuk lakukan kampanye kepada masyarakat bahwa pentingnya keluarga kecil bahagia dengan cukup mempunyai dua anak saja,” paparnya.

BKKBN, lanjut dia, akan terus konsisten melakukan kampanye untuk mencapai target agar Indonesia tidak mengalami ledakan penduduk.

Sementara, dalam pagelaran wayang kulit akan menampilkan lakon pewayangan dengan judul Jumenengan Gatotkaca. Dalang, Ki Sinarto mengaku akan membawakan acara itu selama 7 jam.

“Wayang akan dimulai pukul 9 malam sampai jam 4 pagi, ya sekitar 7 jam lah. Kru saya nanti kebanyakan anak-anak muda, selain itu ada campursarinya, klasik dengan sinden 10 wanita muda,” imbuh pria yang sudang mendalang selama 37 tahun ini.

Acara yang tidak dipungut biaya alias gratis ini akan digelar mulai pukul 18.00 WIB, selain wayang kulit BKKBN Jatim juga akan menampilkan Ludruk Cak Kartolo, sajian kuliner aneka jajanan khas nusantara serta pembagian doorprize untuk para penonton.@sarifa