LENSAINDONESIA.COM: Banyaknya mobil dinas plat hitam di kalangan DPRD Surabaya,  mendapat sorotan kepolisian. Dikabarkan, Senin (9/12/2013) Polda Jatim mendatangi Ketua DPRD Surabaya, M. Machmud, untuk meminta segera menertibkan masalah ini.

“Iya benar, kedatangan Polda Jatim terkakit plat nomor Mobdin anggota dewan. Tapi yang pasti tidak ada plat nomor palsu, hanya diganti hitam saja,” ungkap M. Machmud ketika ditemui, Senin (12/12/13).

Dirinya juga mengakui bahwa sikap masing-masing anggota dewan yang mengganti plat merah menjadi hitam memang atas kemauan sendiri dan belum ada persetujuan. Untuk itu, pihaknya akan mengeluarkan edaran kepada anggota agar segera mengembalikan plat aslinya.

“Iya tadi ada permintaan agar plat Mobdin dikembalikan sesuai aturan yaitu plat merah,”  katanya.

Sementara itu, Sekkota Surabaya Hendro Gunawan, usai mengikuti rapat paripurna mengatakan, hingga saat ini tidak ada persetujuan dari Pemkot terkait perubahan plat itu.

“Kalau dilingkungan Pemkot memang ada beberapa Mobdin, seperti milik Walikota Surabaya yang menggunakan plat hitam. Tapi untuk kalangan dewan saya tidak tau,” katanya.

Dikatahui, sebelumnya beberapa anggota dewan mendapat sorotan karena merubah plat nomor Mobdinnya menjadi hitam. Padahal, sesuai aturan mobil pinjam pakai dari Pemkot itu harus menggunakan plat merah.@iwan_christiono