LENSAINDONESIA.COM: Terkuaknya aksi mesum dalam Ospek atau Orientasi Kemah Bakti Desa (KBD) yang dilakukan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Jawa Timur tak lepas dari penyebaran foto melalui jejaring sosial.

Inilah kronologi munculnya ospek mesum di ITN Malang. Foto adegan beberapa lelaki yang melakukan adegan penggagahan terhadap beberapa wanita tersebut awalnya diupload oleh pemilik akun FB Angga Rizky tertanggal 5 Desember 2013.

Saat mengupload foto tersebut, Angga Rizky tidak menghubungkan foto tersebut dengan kasus meninggalnya mahasiswa ITN Malang. Selanjutnya, foto disebarkan oleh blog Indonesia Kita tertanggal 6 Desember 2013 dengan judul ‘Ospek apa Memperkosa’.

Blog tersebut juga tidak menghubungkan foto dengan kasus ITN, hanya menuliskan “Opspek memang mengerikan. Di ITN Malang ada yang tewas. Sementara yang putri harus mengelus dan mengoral singkong yang dibentuk seperti kemaluan pria.

Artikel di blog tersebut kemudian dicopy sama persis ke kaskus dengan trit berjudul ‘Ini Opspek Apa Memperkosa?’ oleh akun Nizami tertanggal 6 Desember 2013.

Informasi awal tersebut masih belum menghubungkan foto dengan ITN, Malang kecuali sama-sama ospek. Kemudian, foto ini disebarkan oleh FP Facebook Sahabat YM dengan memastikan hubungan foto dengan ITN (tertanggal 6 Desember 2013).

Kemudian, di salah satu trit kaskus yang dibuat 28 November 2013, ada akun Lolite yang menghubungkan foto ini dengan kasus ITN Malang. Akun ini mengepos tanggal 7 Desember 2013.

Selain di trit tersebut, akun lolite ini juga mengupload gambar ke trit lain. Akun lolite itu kemudian juga menuliskan: “kalo infonya bener gan korban meninggal dunia orang sempet masuk berita lokal tapi kaga di blow up full… kalo masalah foto kurang tau juga tapi di media foto ospek genjot2an ada tu cek aja di google search ITN kan ada foto genjot2an nya,kalau memang terbukti jelas2 bubarin aja ni kampus kaga pantes banged di indo ada kampus yang mengajarkan pelecehan seksual.. apa lagi pake ada acara oral kusus cewek pake singkong ??”

Sementara itu, berdasarkan data yang berhasil diekstrak dari ICC Profile foto tersebut oleh Ajie Nugroho dari grup Kampret terungkap, foto ini diambil/diungguh pada tahun 2012 : 01:25 03:41: 57. Lebih tepatnya 1 tahun, 10 bulan dan 14 hari yang lalu.@licom/mhbc