LENSAINDONESIA.COM: PT. Inti Prima Mandiri Utama (iPaymu), perusahaan lokal yang bergerak di bidang pembayaran online meluncurkan Mobile Payment berbasis Quick Response Code (QR Code) yang bertujuan memberi kemudahan bagi konsumen saat bertransaksi online.

Riyeke Ustadiyanto selaku Chief Technology Offcier (CTO) iPaymu, mengatakan pihaknya tidak hanya memberi kemudahan bertransaksi online, melainkan menerapkan QRCode sebagai salah satu fitur andalannya untuk meningkatkan percepatan dan kecepatan transaksi online, serta penghubung mekanisme perdagangan offline dengan transaksi online.

“Dengan hadirnya fitur mobile payment berbasis QRCode diharapkan menjadi sarana kelengkapan ekosistem digital iPaymu dalam mendorong pertumbuhan industri e-commerce Indonesia. Layanan ini menjadi media transaksi alternatif bagi EDC milik perbankan,” ujar Riyeke,di Jakarta, Selasa (17/12/13).

Dijelaskan Riyeke, EDC atau Electronic Data Capture adalah perangkat pembayaran transaksi kartu debit dan kartu kredit yang dimiliki perbankan. Namun mereka yang memiliki mesin EDC harus memiliki badan usaha berupa PT atau CV dan mekanisme mendapatkan mesin EDC sangatlah ketat.

“Saat ini para pedagang kaki lima, UKM, tukang bakso, mahasiswa yang melakukan transaksi online jangan mimpi memiliki mesin EDC untuk memudahkan transaksi. Dengan layanan iPaymu berbasis QRCode, semua lapisan masyarakat bisa menikmati transaksi cashless atau transaksi tanpa uang tunai,” jelasnya.

Riyeke menambahkan untuk kecepatan, kenyamanan dan keamanan layanan ini, pihaknya sudah mengintegrasikan sistem pembayarannya dengan jaringan perbankan nasional dan internasional serta mengembangkan sistem pembayaran yang menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi online melalui internet maupun mobile phone.

Selain itu, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan 21.000 lebih jaringan ATM Bersama, Link, Prima dan Meps sehingga bisa melakukan transaksi online dengan 137 bank nasional, serta kerjasama dengan PT. Pos Indonesia yang memiliki lebih dari 4000 kantor cabang di seluruh Indonesia.

“Melalui layanan ini maka semua orang yang sudah memiliki akun iPaymu bisa menikmati transaksi pembayaran, cek saldo dan perintah tarik tunai langsung dari ponsel dengan cepat, aman dan nyaman.  @Rudi