LENSAINDONESIA.COM: Bek Asing Daniel Ntieche Monchare dan mantan pemain timnas, Ricardo Salampesy, akhirnya resmi bergabung dengan Persebaya Surabaya. Ya, khusus Monchare, ia telah menandatangani kontrak Rabu (18/12/13) sore kemarin, di kantor Kadin Jatim dengan pihak manajemen yang diwakili oleh Dhimam Abror Juraid, Direktur Olahraga Persebaya. Kedatangan Monchare memang sangat ditunggu Manajemen Persebaya setelah dinanti sejak awal bulan Desember ini.

Seperti dilansir situs resmi Liga Indonesia, datangnya bek kelahiran Yaounde ini melengkapi trio Kamerun idaman Rahmad Darmawan. Di lini depan Pacho Kenmogne, Patrice Nzekou sebagai gelandang dan terakhir Daniel Monchare yang diproyeksikan sebagai bek tengah bersama Vava Yagalo atau Ambrizal.

Bagi Monchare sendiri, ini ialah musim perdananya di Indonesia setelah tiga belas tahun berkarir sebagai pemain sepakbola profesional. Bek bertinggi badan 183 cm ini mengungkapkan perasaan gembiranya setelah proses panjangnya untuk bergabung dengan Green Force akhirnya tuntas.

“Saya senang sekali, saya harap saya bisa melakukan yang terbaik di Persebaya. Saya juga tak sabar bertemu dengan Patrice dan Emmanuel,” beber Monchare yang diterjemahkan oleh agennya Francis Yonga.

Dhimam Abror seakan mengamini dan menegaskan bahwa kedatangan Monchare seperti keping puzzle terakhir bagi komplitnya skuad yang kini berlaga pada Piala Gubernur Jatim 2013 di Bangkalan ini.

“Monchare memang agak lama, tapi syukurlah semuanya sudah beres. Berkas keimigrasian serta segala formalitas juga beres. Tinggal kita tunggu saja penampilan trio Kamerun ini,” imbuhnya. Namun meski demikian, Monchare tak mungkin diturunkan langsung pada laga melawan Persib Bandung Kamis sore ini (19/12) di Bangkalan.

Sementara itu Ricardo Salampessy yang sempat dikaitkan dengan Persib Bandung akhirnya juga ikut merapat ke Bajul Ijo. Mantan pemain belakang Persipura Jayapura ini akan segera merapat ke Surabaya. “Semua berkasnya sudah kami siapkan. Tinggal tunggu kedatangannya saja,” tambah Diar Kusuma Putra, Direktur PT Mitra Muda Inti Berlian.

Ricardo Salampessy rencananya dikontrak dengan durasi satu musim dengan banderol Rp 850 juta. Harga Salampessy lebih rendah dibanding Igbonefo yang konon mencapai Rp 1,6 miliar. Kendati masih tergolong mahal, bagi manajemen Persebaya tak masalah. Pasalnya itu sebanding dengan kualitas yang dimiliki pemain berdarah Ambon itu.

Abror menambahkan secara teknis Salampessy memiliki kemampuan yang tak kalah dibanding Igbonefo. “Dia pemain bagus. Saya rasa dia layak masuk dalam skuad Persebaya,” tukas Abror.