LENSAINDONESIA.COM: Jabatan Komandan Detasemen Markas Komando (Denmako) Koarmatim, yang saat ini dijabat oleh Letkol Laut (P) Agustinus M. Susanto, SW diserahterimakan kepada Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M. Hum dalam suatu upacara militer yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Kamis (19/12/13).

Selanjutnya, Letkol Laut (P) Agustinus, M. SW akan menempati jabatan barunya sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Biak. Upacara penyerahan jabatan tersebut dihadiri Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji, para Komandan Satuan Kapal dan seluruh Kasatker di jajaran Koarmatim.

Dihadapan seluruh peserta upacara Pangarmatim mengatakan, Denmako Koarmatim sebagai unsur pelayanan yang mengemban fungsi kemarkasan memiliki peranan yang sangat strategis bagi keberhasilan pembinaan kemampuan dan kekuatan Koarmatim.

Dikatakan Pangarmatim, bahwa Denmako Koarmatim memiliki tugas dalam hal penegakan disiplin dan tata tertib, pengamanan aset, pemeliharaan lingkungan serta kegiatan-kegiatan protokoler yang intensitasnya sangat padat. Keberhasilan tugas Denmako Koarmatim, akan menjadi barometer penampilan markas komando di jajaran Koarmatim, sehingga keberhasilan kinerjanya akan sangat menentukan citra Koarmatim.

“Fungsi tersebut sangat penting, karena apa yang ditampilkan oleh Mako Koarmatim akan menjadi acuan bagi satuan-satuan kerja di seluruh jajaran Koarmatim,”kata Pangarmatim.