LENSAINDONESIA.COM: Usai penetapan daftar calon legislatif tetap (DCT), KPU Jawa Timur bersama partai politik melakukan validasi nama-nama Caleg agar sesuai dengan surat suara pada Pileg 2014 nanti.

“Jangan sampai nanti ada protes ketika sudah naik cetak surat suara. Endingnya jika sudah di approving (Disetujui) siap naik cetak dan semua pihak merasa terfasilitasi terkait kebutuhan surat suara,” papar Agus Mahfudz Fauzi, Komisioner KPU Jatim saat ditemui LICOM di kantornya, Kamis (19/12/2013).

Selain itu, pihaknya juga telah memutuskan mencoret lima nama Caleg dari DCT karena berbagai alasan. “Ada yang meninggal dunia, masih terdaftar jadi pegawai BUMN dan  kepala desa aktif,” katanya.

Menurutnya, masih ada kemungkinan lagi untuk melakukan pencoretan nama Caleg di DCT. Hal ini terkait Caleg bernama Toni Arif Setiawan dari Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang diketahui terdaftar dalam DCT DPRD Jatim Dapil 1, nomor urut 11 dan DPR RI Dapil 8, nomor urut 10.

Jika nantinya resmi diputuskan untuk dicoret, maka jumlah Caleg yang akan keluar dari DCT sebanyak enam orang.

“Kami sebetulnya ingin langsung mengeksekusi nama Caleg ganda itu, tapi saat pleno internal KPU Jatim kemarin dan juga berkomunikasi dengan tim hukum KPU RI, kami disuruh menunggu. Saat ini KPU RI juga menunggu rekomendasi dari Bawaslu RI,” tukas mantan Anggota KPU Ponorogo ini.@sarifa