LENSAINDONESIA.COM: Penyidik Subdit Jatanras Polda Metro Jaya menggelar rekontruksi kasus penikaman yang menewaskan Brigadir M Syarif Mappa, anggota Brimob Kedung Halang, Bogor, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Minggu (27/10/13) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan rekontruksi ini digelar untuk menggambarkan apa yang ada di BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari proses awal sampai dengan terjadi pembunuhan tersebut.

“Semua ada 18 adegan,” kata Rikwanto di Polda Metro Jaya, Kamis (19/12/13).

Pantauan Licom, rekontruksi yang digelar di halaman Polda Metro Jaya, beberapa adegan dilakukan didalam bus metromini 640, tersangka Mustakim alias Akim yang memerankan langsung, sedangkan korban serta saksi yang lain digantikan.

Lebih lanjut, tidak ada yang berubah, semua sesuai dengan apa yang tertulis di BAP dan jelas hasilnya. “Hasilnya menggambarkan BAP,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang anggota Brimob Kedung Halang, Brigadir M Syarif Mappa tewas dengan luka tusuk dipunggung, pada Minggu (27/10/13) pukul 23.30 Wib di Jl.Raya Tanjung Barat, Rt.11/08 depan penjual buah dekat eks Apotik Sari Sakti, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kejadian bermula saat, korban yang dibangunkan oleh tersangka, karena bus hendak masuk poolnya, tetapi korban tidak terima dan marah, kemudian mengajak berkelahi pelaku.

Kemudian, korban menarik lengan pelaku hingga terjatuh dari bus, pelaku yang tempramen, mengambil pisau yang ada didalam bus dan mengejar korban, dan menikamnya, hingga korban terluka, setelah itu pelaku melarikan diri.

Korban pun sempat ditolong warga sekitar, namun nyawanya tidak tertolong, setelah korban kehabisan darah, korban pun meninggal tidak jauh dari lokasi kejadian. @hermawan