LENSAINDONESIA.COM: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur, telah mempersiapkan uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehubungan perayaan Hari Raya Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

Bank Indonesia (BI) Jatim memproyeksikan, kebutuhan uang tunai masyarakat Jawa Timur  pada Desember ini sebesar Rp 7,26 triliun.  Angka tersebut meningkat sekitar 37,51 persen dibandingkan dengan tahun kemarin,  hanya Rp 5,28 triliun.

Dwi Pranoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV mengatakan, dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai tersebut, BI Wilayah IV telah menyediakan uang kartal (Tunai) sejumlah Rp 10,94 triliun, lebih tinggi 50,62 persen dibandingkan dengan proyeksi kebutuhan Desember 2012.

“Jumlah tersebut terdiri atas uang pecahan besar, Rp 20 ribu ke atas, sejumlah Rp 9,94 triliun dan uang pecahan kecil  Rp 10 ribuan kebaah, sebesar Rp 1 triliun,” jelas Dwi Pranoto kepada LICOM saat dikonfirmasi. Rabu (25/12/2013).

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat Jawa Timur selama Hari Raya Natal 2013 dan Tahun Baru 2014, BI Wilayah IV Jatim juga melakukan langkah-langkah antara lain, berkoordinasi dan mengoptimalkan perbankan dalam memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil untuk masyarakat.

Masih menurut Dwi Pranoto, saat ini masyarakat dapat memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil dengan melakukan penarikan uang dari rekening masing-masing di Bank Umum dan BPR terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya dan sekitarnya (Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Jombang dan Bojonegoro) tanpa dipungut biaya.

“Selain itu, BI Surabaya juga berupaya memenuhi permintaan kebutuhan uang pecahan kecil di wilayah Surabaya dan sekitarnya dengan melaksanakan kas keliling yang beroperasi di berbagai penjuru kota Surabaya,” tutupnya.@dony