LENSAINDONESIA.COM: Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Y. Thohari menyatakan, semangant Natal dan tahun baru akan mewarnai perjalanan bangsa Indonesia ke depan untuk menadi bangsa yang lebih baik, lebih maju dan lebih berhasil dalam mencapai cita-cita kemerdekaan.

“Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meberikan kebahagiaan, kedamaian dan penuh dengan kasih sayang di antara kita bersama dan lebih daripada itu Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan perlindungannya,” kata Hajriyanto Thohari kepada LICOM, Rabu (25/12/2013).

Menurut politisi Partai Golkar ini, momen Natal harus bisa menghapus berbagai noda konflik berbau agama. “Ya, saya juga berharap bahwa berbagai macam ketegangan-ketegangan sosial bahkan mungkin konflik sosial yang terjadi setiap menjelang hari-hari keagamaan itu dihindarkan,” harap Hajriyanto Thohari.

Hajriyanto Thohari menyakinkan jika masyarakat Indonesia akan semakain dewasa dan bisa menghayati perbedaan dalam semangat bhinneka tunggal ika serta lebih daripada itu kemajemukan juga semakin matang.

“Maka diharapkan momentum-momentum hari besar keagamaan itu justru akan semakin mempererat hubungan persaudaraan kita sebagai satu bangsa, bukan justru sebaliknya menjadi alasan terjadinya konflik-konflik ataupun ketegangan-ketegangan di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Hajriyanto Thohari.

Hajriyanto Thohari juga meminta para pemuka agama untuk selalu memberi kesejukan bagi para umatnya. “Tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat agar dapat selalu memberikan bimbingan kepada umatnya untuk selalu bersama-sama membina kerukunan sekaligus mewujudkan harmoni sosial di negara kita yang berdasarkan Pancasila ini,” pungkasnya.@endang