LENSAINDONESIA. COM: Setelah sekian lama diwacanakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan akhirnya menggelar sosialisasi peraturan bupati tentang penetapan kawasan tanpa rokok di tempat umum, tempat kerja dan tempat ibadah.

Kegiatan sosialisasi yang dipusatkan di Ruang pola. Kantor Bupati Kepulauan Selayar,  Selasa, (31/12/2013) pagi, dibuka H. Saiful Arif, SH, Wakil Bupati Kepulauan Selayar. Kemudian dilanjutkan dengan uraian materi sosialisasi yang disampaikan dr. Husaini, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar.

H. Saiful Arif, SH menyampaikan, asap rokok terbukti dapat membahayakan kesehatan individu, masyarakat dan lingkungan.
Dalam kaitan itu, maka dipandang perlu untuk melakukan tindakan perlindungan terhadap asap rokok.

Oleh karenanya, pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Selayar memutuskan untuk mengatur dan menetapkan kawasan tanpa rokok (KTR). Merupakan ruangan atau area yang dinyatakan terlarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan dan atau mempromosikan produk tembakau.

Sedangkan tempat khusus untuk merokok merupakan ruangan yang diperuntukkan khusus untuk kegiatan merokok yang berada di dalam KTR. Saiful mengutarakan, rokok adalah salah satu produk tembakau untuk dibakar, dihisap atau dihirup.  Baik berupa rokok kretek, rokok putih, cerutu atau bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman nicotiana tabacum, nicotiana rustica dan species lainnya atau sintetisnya yang asapnya mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan.

Paparan tersebut dilontarkan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, melalui sambutan tertulis yang disampaikannya di hadapan para kepala unit kerja, SKPD, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur pegawai negeri sipil.

Langkah penetapan kawasan tanpa rokok diakui H. Saiful Arif, SH, merupakan salah satu bentuk upaya preventif  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka memberikan perlindungan bagi masyarakat perokok dan bukan perokok, karena asap rokok merupakan salah satu zat adiktif yang dapat membahayakan kesehatan manusia, baik selaku perokok aktif maupun perokok pasif.@ fadly_syarif