Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jawa Tengah

Masa kampanye, omset percetakan di Semarang naik 100 persen 

LENSAINDONESIA.COM: Menjelang Pileg April mendatang, pengusaha percetakan panen order dari calon legislator. Jumlah pesanan makin membludak mulai dari kartu nama, banner, MMT, stiker dan buku saku.

Bahkan dipastikan, pesanan di beberapa percetakan naik 100 persen. Menurut  Yusuf, pengelola Percetakan Ngaliyan Digital Printing, yang membuka kantor di Ruko Ngaliyan Square, Semarang, Jawa Tengah mengatakan, peningkatan order mulai ramai beberapa bulan lalu.

“Daftar pesanan percetakan Caleg mulai ramai setelah ada pengumuman DCT dari KPU“ terang Yusuf, Sabtu (11/1/2014)

Sementara itu, Habibi, pemilik percetakan dan digital printing Sinar Ilmu Jaya, Kaligawe, Semarang, menyatakan pihaknya sejak awal telah menerima pesanan beragam aksesoris dari calon legislatif.

Bahkan, sering menolak order, karena pesanan penuh. “Dengan kapasitas dan jumlah mesin yang tidak begitu banyak, kadang kami menolak order agar tidak menumpuk. Hal lain demi kepuasan konsumen, agar tepat waktu dan sesuai kualitas yang diharapkan,“ alasannya

Meski demikian kenaikan omzet cukup segnifikant. Semula, hanya Rp 5-7 juta per bulan. “Sekarang mencapai Rp 10 juta per bulan,” kata Habibi, Jumat (11/01).

Untuk antisipasi itu, ia terpaksa melemburkan karyawanya.”Kami juga menambah menambah pekerja di produksi,” katanya.

Habibi menambahkan, order yang masuk naik 100 persen. “Biasanya saban hari mencetak banner 200 meter, sekarang mencapai 500 meter lebih.”

Untuk masalah harga disesuaikan dengan pasar. “Yang jelas untungnya lumayan karena pesanannya banyak,“ lanjutnya.

Baginya moment Pemilu adalah berkah dan menjadi peluang usaha. “Kami diuntungkan. Harapannya bisa berdampak kepada masyarakat pemilih,“ tutupnya.@nur_sholikin.