LENSAINDONESIA.COM: Pelatih terkemuka di kawasan Asia yang telah membawa kemajuan besar bagi sepakbola Jepang, Tom Byer untuk kesekian kalinya kembali mengunjungi Indonesia.

Di sela-sela kunjungannya di Jakarta, LICOM menemui mantan pemain Leighton FC ini di Hotel Manhattan, Jakarta, Sabtu (01/01/14).

Tom menceritakan awal pertemuannya dengan Shinji Kagawa, pemain binaannya yang kini bermain untuk tim Premiere League, Manchester United.

Menurutnya, saat berumur 10 tahun, Kagawa mendaftarkan diri untuk bergabung di Akademi sepakbolanya di Jepang. Sejak awal dibina, Kagawa telah menunjukkan potensi yang luar biasa. Dirinya kemudian memilih Kagawa sebagai salah satu pemain andalannya.

Saat itu dirinya telah memprediksi bahwa, suatu saat Kagawa akan menjadi pemain besar.

“Sebenarnya Kagawa datang kepada saya di usianya yang masih sangat muda, yakni 10 tahun. Saya telah menaruh perhatian kepadanya, karena saat itu dia adalah salah satu pemain yang memiliki potensi terbaik di antara yang lain. Dan tentu, kita tahu setelahnya (Kagawa akan jadi pemain besar),” tutur Tom.

Selain Kagawa, pemain baru rekrutan AC Milan, Keisuke Honda, juga merupakan pemain binaan Tom.

Saat ditanya pemain besar lain yang menjadi binaannya, Tom menjawabnya dengan jumawa. Dikatakan Tom, saking banyak pemain binaannya, dirinya sampai tidak ingat siapa saja pemain binaannya yang kini telah menjadi pemain besar.

“Sangat banyak, saya bahkan tidak tahu siapa saja mereka,” jelas Tom. @yudisstira