LENSAINDONESIA.COM: Jelang pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pilpres, banyak aktor politik yang mengkaitkan soal kejadian politik dengan hal yang berbau mistis dan klenik. Kejadian ini secara mengejutkan juga diyakini Menteri Agama, Suryadharma Ali yang mengkaitkan kemungkinan kemenangan partainya atas dengan unsur yang berbau mistis.

“Saya baca di Kompas, bahwa urutan nama saya berada dihurup I, itu artinya urutan ke 9, partai kami partai 9, dan Pemilu juga tanggal 9. Kita kaitkan dengan hal-hal klenik seperti itulah,” ujarnya sambil tersenyum di Gedung DPR, Kamis (16/1/2014).

Hitung-hitungan angka ini direspon secara guyonan oleh Ketua Umum PPP ini bisa membawa dampak poisitif bagi partainya yang akan menghadapi Pemilu legislatif pada 9 April mendatang, sehingga bisa menembus angka 20 persen President Treshold untuk bisa mencalonkan dirinya sebagai Capres internal PPP.

Selain itu, Suryadharma Ali juga menjelaskan alasannnya kenapa sampai saat ini namanya belum juga dimunculkan PPP sebagai Capres internal PPP. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangannya sebelum namanya diputuskan untuk dimunculkan ke ruang publik sebagai calon Presiden.

“Saya harus lihat apakah nama saya akan menggerus, apakah bisa  meningkatkan elektabiltas, atau tidak memberikan pengaruh,” terangnya.

Ketiga pertimbangan inilah menurut Surya Darma Ali yang menjadi alasan partainya menganalisa untuk kemudian dilakukan evaluasi. Ia pun mengakui, bahwa sejauh ini internal PPP belum melakukan survei resmi terkait dinamika politik, khususnya persiapan jelang Pilpres.

“Jadi terus terang kalau survei resmi belum pernah dilakukan,” pungkasnya. @firdausi