LENSAINDONESIA.COM: Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), melakukan kunjungan kerja (Kunker) mengenai masalah pembinaan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Administrasi Jakarta Timur (Jaktim). Rombongan dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, H. Safriansyah, dan diterima Wakil Walikota Jaktim, Husein Murad, di kantor Walikota Jaktim, Kamis (16/01/14).

Safriansyah mengatakan, Kabupaten Tanah Bumbu merupakan wilayah pengembangan yang usianya baru 10 tahun dan datang ke Walikota Jaktim ingin belajar mengenai pengembangan industri kecil dan menengah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai daerah berkembang, pertumbuhan industri-industri kecil dan menengah di Kabupaten Tanah Bumbu cukup menggembirakan. Namun, umumnya usaha-usaha yang muncul masih sangat minim modal dan pangsa pasarnya umumnya lokal. Adapun IKM yang banyak terdapat di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang bergerak di industri pertambangan, peternakan dan perkebunan.

“Usaha yang adapun masih banyak yang belum memiliki badan hukum, sementara upaya yang dilakukan pemerintah daerah masih sebatas pembinaan saja,” kata Safriansyah.

Kunker ini menurut Safri untuk menggali informasi dan saran dari Pemkot Jaktim terkait pembangunan IKM di Kabupaten Tanah Bumbu. “Kami saat ini sedang merancang program pengembangan industri kecil dan menengah, dimana satu desa terdapat satu produk hasil industri,” ujanya.

Sementara itu Husein Murad, menyambut baik atas kunjungan rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Tanah Bumbu ini. Pemkot Jaktim sudah menjadi langganan daerah-daerah lain di Indonesia untuk melakukan studi banding terkait berbagai hal.

“Kami sangat terbuka untuk teman-teman dari daerah lain yang ingin belajar dan diharapkan dari saling tukar informasi dan pengalaman ini dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia,” terang Husein.

Menurut Husein, perkembangan IKM di Jaktim telah berkembang dengan pesat. Telah banyak pelaku IKM yang berhasil meningkatkan usaha mereka setelah mendapatkan pembinaan dari Pemkot Jaktim.

“Pembinaan yang dilakukan terkait sumber daya, manajemen dan modal dari instansi terkait,” imbuhnya.

Hadir ikut mendampingi Wakil Walikota, Asisten Perekonomian dan Administrasi Jakarta Timur Hj. Sus Christine, Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Tuti Kurniati, Kabag Perekonomian Jakarta Timur Nasrudin Abu Bakar dan unsur terkait lainnya. Hadir pula para pengusaha IKM binaan Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur. @winarko