Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
jakarta

Tanggap bencana, kita perlu meniru masyarakat Jepang 

LENSAINDONESIA.COM: Secara umum masyarakat Indonesia belum terlatih dalam kesiapan menghadapai bencana alam. Berbeda dengan masyarakat Jepang. Harusnya kita bisa meniru Negeri Matahari Terbit itu.

“Kalau bisa kultur kita harus kayak Jepang, yang setiap saat tanggap antisipasi bencana,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Warung Daun Cikini, Sabtu (18/1/2013).

Menurut Sutopo, masyarakat Jepang,   sudah sangat erat dengan bencana. Bahkan, bisa dikatakan mereka hidupnya dipersiapkan untuk penanganan bencana.

“Hidup Jepang seoalah untuk bencana. Bahkan 1-3 hari pertama bencana, mereka bisa atasi dirinya sendiri,” tambah Sutopo.

Masih menurut Sutopo, penyebab bencana paling dominan adalah ulah manusia, yang kurang sadar pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Sutopo juga menjelaskan, dalam penanganan bencana, Gubernur membantu Bupati dan Walikota dengan mendorong difungsikannya pemerintah daerah. Selain itu, TNI dan Polri juga harus dilibatkan secara aktif.

Terlepas dari itu, Sutopo berharap bila terjadi bencana, agar tidak ada saling menyalahkan. Tetapi justru menjadi momentum untuk membangkitkan solidaritas antar sesama.

“Penanganan bencana setiap tahun sudah semakin baik. Kita selalu berupaya jauhkan bencana dari masyarakat dan menjauhkan masyarakat dari bencana. Selalu tumbuhkan kearifan loka,” pungkasnya.@firdausi

Baca Juga:  KPK tetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka