LENSAINDONESIA.COM: Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie menilai, kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bali tidak ada masalah.

“Saya kira SBY datang sore, karena dia mau buka konvensi menyempatkan diri malam ke Bali. Nggak salah kok itu, Ketum partai. Sudah saatnya Pemilu, aneh juga jadinya kalau ketum partai tidak mengumpulkan orang,” kata Marzuli Alie pada LICOM di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (20/01/2014).

Menurut Ketua DPR RI ini, penanganan bencana banjir tak akan berhenti hanya karena Presiden SBY pergi ke Bali. Sebab, Marzuki Alie meyakini sistem yang ada sudah berjalan.

Marzuki Alie mengungkapkan adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah, juga BNPB. “Jadi sistem itu yang kerja, ada menterinya. Jadi kalau dia bencana lokal maka sistem yang berjalan sistem lokal,” beber Marzuki Alie.

Marzuki Alie juga menegaskan belum perlunya peningkatan status bencana nasional pada beberapa bencana yang saat ini terjadi di Indonesia seperti meletusnya Gunung Sinabung, banjir Medan, serta banjir Jakarta.

“Kita belum lihat bencana nasional, karena institusi pemerintahn masih bisa kerja. Jadi bencana nasional karena sistem kerja daerah masih bisa kerja. Nasional itu misalnya Aceh, karena kantorya kan juga hancur. Jangan apa-apa Presiden,” kata Marzuki Alie.@endang