LENSAINDONESIA.COM: PSSI telah menyelesaikan Kongres Tahunan 2014 yang dihadiri 86 pemilik hak suara di Hotel Shangri-La, Surabaya dengan lancar dan sukses.

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan Kongres Tahunan ini sangat penting bagi PSSI untuk membangun sepakbola Indonesia. “Kami sudah melakukan evaluasi di tahun 2013 serta merencanakan dan menetapkan kegiatan di 2014. Selain itu seluruh kegiatan dan laporan keuangan di tahun 2013 juga telah diterima anggota,” kata Djohar saat ditemui LICOM, Senin (27/1/2014) siang.

“Masalah PSSI dianggap tuntas oleh AFC dan FIFA dalam level goverment. Dengan ditandai revisi statuta, dan beberapa peraturan-peraturan organisasi yang melengkapi. Level manajemen nantinya mengerucut dalam departemen-departemen di bawah kesekjenen,” tambah Djohar Arifin Husin.

Sedangkan Sekjen PSSI, Joko Driyono menambahkan,  soal Komdis atau Komding PSSI nantinya mereka diangkat atau dipecat lewat Kongres bukan lewat rapat Exco. ” Seluruh keputusan terkait pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua, dan anggota Exco tahun 2015 telah juga diparipurna. Perangkat seperti Komite Pemilihan, Komite Banding Pemilihan telah disetujui anggota seperti mekanisme PSSI yakni elektoral code. Jadi tidak ada kekhawatiran siapapun terhadap ujung dari kepengurusan PSSI,” ungkap pria yang juga CEO PT LIGA Indonesia ini.

Joko Driyono membeberkan bahwa strategic plan PSSI ada lima elemen penting yang akan ditekankan. “Pengembangan sepakbola baik teknis maupun manajemen, Timnas, pengembangan anggota, apalagi anggota tidak hanya klub, masih ada Asosiasi seperti Asosiasi Provinsi, Kompetisi Profesional dan Liga Amatir. Seluruh program ini sudah disetujui oleh anggota,” tambahnya.

Selanjutnya PSSI berharap seluruh anggota baik pusat maupun daerah harus punya visi yang sama untuk meningkatkan kualitas permainan. Apalagi dalam pengembangan sepakbola ada aspek wasit, futsal, sepakbola wanita, usia muda, manajemen serta tata kelola. “Kita punya 5 Timnas yakni Senior, U-23, U-19, U-16, U-14. Targetnya AFF 2014 harus juara untuk Timnas Senior.  Asian Games bila jadi berangkat kami ingin lolos ke babak 8 besar. Timnas U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 di New Zealand,” pungkas Joko Driyono. @angga_perkasa