LENSAINDONESIA.COM: Bantuan layanan terhadap para korban banjir di kawasan Kampung Melayu, selama sepekan lebih ini, ternyata bukan cuma kebutuhan makanan dan obat-obatan. Tapi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan bantuan cuci gratis.

Seperti pantauan LICOM, Senin (27/1/14), fasilitas cuci gratis bukan hanya diserbu warga yang masih menghuni di tempat pengungsian. Tapi, warga yang sudah kembali ke rumahnya pun juga berbondong-bondong menyucikan pakaiannya di pos cuci gratis ini. Maklum, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih, lantaran tidak semua pemukiman kondisinya mengering.

Menurut pengakuan petugas pos cuci gratis ini, sehari menerima sebanyak 200 kantong plastik berisi pakaian para pengungsi. Para penyuci pun melibatkan warga yang menyumbangkan tenaganya sebagai relawan, selain juga ada tenaga honorer.

Meski para pengungsi dimanjakan makan cuci dan mandi gratis, namun mereka bukan berarti senang dengan kondisi ini. Sebaliknya, mereka tidak sedikit yang mengaku tertekan karena tidak bisa memastikan kapan bisa kembali ke rumah, karena air surut bisa sewaktu-waktu banjir lagi. @Faizal_Fanani