LENSAINDONESIA.COM: PSSI resmi menetapkan 777 anggota dalam Kongres Tahunan 2014 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin (27/1/2014). Elemen anggota itu diantaranya berasal dari pengembang sepakbola atau asosiasi, klub baik profesional maupun amatir dan anggota asosiasi.

Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono mengatakan, dari 777 anggota terbanyak adalah pengembangan sepakbola atau asosiasi. “Kira-kira (terbanyak) dari Jawa Timur. Khusus pengembang sepakbola rinciannya terbanyak (secara keseluruhan),” kata Joko Driyono saat ditanya.

Penetapan anggota ini sangat penting, karena sebelumnya PSSI sendiri tidak mengetahui secara pasti jumlah dan siapa saja anggotanya. Diharapkan, penetapan yang sudah dilakukan menjadi pijakan mengelola anggota menjadi lebih baik. “Sebelumnya kami (PSSI) sulit jawab berapa anggota,” jelas Joko Driyono.

Salah satu fungsi penetapan anggota adalah untuk Kongres PSSI 2015, dengan agenda pemilihan pengurus PSSI yang baru. Dalam kongres kali ini juga sudah diputuskan untuk persiapan kongres tahun depan.

Seluruh keputusan terkait persiapan kongres dengan agenda pemilihan pengurus baru telah diparipurnakan dan disetujui. “Komite pemilihan, komite banding dan mekanismenya sudah disetujui. Tidak ada lagi kekuatiran dalam proses kongres tahun depan,” pungkas Joko Driyono. @angga_perkasa