LENSAINDONESIA.COM: Setelah sukses dengan gelaran New AFI 2013, Indosiar kembali meluncurkan sebuah program baru bertajuk D’Academy. Program ini diklaim sebagai ajang pencarian bakat bernyanyi dangdut terbesar di Indonesia dengan treatment yang fresh dan berbeda dari program pencarian bakat yang pernah ada.

Gufroni Sakaril selaku Public Relations Indosiar, mengatakan animo masyarkat untuk menjadi artis dangdut tidak pernah surut. Ini terlihat dari setiap Indosiar menggelar program pencarian bakat selalu dibanjiri peserta. Untuk itulah, pihaknya menyediakan wadah bertajuk D’Academy agar mereka yang ingin menjadi artis dangdut tersalurkan.

“Dari program D’Academy ini diharapkan akan lahir penyanyi generasi baru dari dunia musia dangdut dengan tampilan yang lebih fresh dan energik,” ujar Gufroni, di Senayan City, Jakarta, Selasa (28/01/14).

Dijelaskannya, program Dangdut Academy ini telah ditunggu masyarakat pecinta musik dangdut di Indonesia. “Musik dangdut adalah musk yang sudah memasyarakat dan dapat dinikmati beragam kelas sosial baik di kota-kota besar maupun desa-desa terpencil,” katanya.

Untuk menjadi daya tarik dan berkualitas, D’Academy menggandeng para juri yang mumpuni, fenomenal, sukses dan populer di dunia entertainment Indonesia, seperti Inul Daratista, Iis Dahlia, Zaskia Gotik, Saipul Jamil dan Benigno. Karakter yang kuat dan berbeda dari masing-masing juri ini diharapkan dapat memberi sebuah tayangan interaktif yang menghibur dan tentunya mampu melahirkan generasi dangdut masa kini yang berkualitas tinggi.

“Penampilan dan keahlian peserta dalam menyanyikan lagu dangdut adalah point utama penilaian oleh juri dan penonton. Sedangkan juri akan menjadi komentator yang akan memberi penilaian dan masukan terhadap penampilan peserta secara keseluruhan dan juga sebagai penentu siapa yang akan tereleminasi,” jelas Gufroni.

Audisi peserta D’Academy ini sendiri telah dilakukan di 5 kota besar yakni Medan, Makassar, Surabaya, Bandung dan Jakarta, serta audisi bus di Cirebon, Solo, Purwokerto, Tasikmalaya, Serang dan Bogor. Dari ribuan peserta audisi tersebut berhasil dijaring 35 peserta yang lolos masuk dalam Konser Nominasi. Selanjutnya, peserta yang lolos di babak Konser Nominasi akan tampil di Konser Final yang kemudian dilanjutkan di Grand Final.

“Proses babak audisi akan ditayangkan Indosiar setiap hari pukul 18.00 WIB mulai tanggal 3 – 9 Februari 2014. Konser Nominasi setiap hari pukul 18.00 WIB mulai 10 Februari – 2 Maret. Sedangkan Konser Final akan ditayangkan live setiap Jumat pukul 18.00 WIB mulai 28 Februari 2014. Babak Grand Final akan berlangsung 6 Juni 2014,” tutur Gufroni sembari menambahkan juara program D’Academy akan mendapatkan hadiah dengan nilai total ratusan juta rupiah. @Rudi