LENSAINDONESIA.COM: Persebaya Surabaya dengan susah payah bisa menundukkan tamunya Mitra Kukar 2-1 dalam laga perdana kompetisi ISL, di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (1/2/2014) sore WIB.

Bertindak sebagai tuan rumah yang didukung ribuan suporter setianya, Persebaya tak ragu tampil menyerang dan menekan Mitra Kukar. Setelah saling serang, striker anyar Persebaya Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne membuat seisi stadion bergemuruh. Greg Nwokolo yang unggul sprin di sisi kanan pertahanan MItra Kukar berhasil mengirim umpan matang yang langsung dicocor Pacho dan menjadikan Persebaya unggul 1-0.

Namun hanya dua menit, Mitra Kukar berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tenadangan bebasa keras melengkung Erick Weeks yang tak mampu dihadang kiper Persebaya Ferry Rotinsulu. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Pacho Kenmogne membuat Joice Sorongan berjibaku melindungi gawang Mitra Kukar. Barisan pertahanan Mitra Kukar yang tampil sangat disiplin juga dibuat porak poranda oleh pergerakan pemain depan Persebaya yang dimotori Greg Nwokolo.

Panik terus menerus diserang, defender Mitra Kukar Zulkifli Syukur akhirnya melakukan pelanggaran terhadap Alfin Tuasalamony di kotak terlarang. Penalti diberikan wasit dan dieksekusi dengan sempurna Pacho untuk kemmbali membuat Persebaya unggul 2-1.

Tapi sebelum penalti dieksekusi, seperti biasa pemain-pemain yang berkompetisi dalam ISL, tetap hobby melakukan protes berlebihan pada wasit karena tak terima lawan diberi hadiah penalti.

Jelang laga usai, Mitra Kukar sebenarnya punya kesempatan mendapat hadiah penalti ketika defender Persebaya, Ambrizal terlihat menyentuh bola di kotak terlarang. Namun wasit tak melihat hal itu sebagai pelanggaran sehingga memicu pemain Mitra Kukar melakukan protes keras.

Bahkan pemandangan yang sering terjadi dalam kompetisi ISL, dimana wasit diserbu pemain dan ofisial tim yang tak puas dengan hasil laga, kembali terjadi. Sejumlah pemain Mitra Kukar langsung mengerubungi sang pengadil lapangan memprotes hadiah penalti yang tak diberikan wasit, D Purnama. Seketika itu juga wasit meniup peluit tanda laga usai. Puluhan petugas keamanan langsung berlarian ke lapangan menyelamatkan wasit dari amukan pemain dan ofisial Mitra Kukar.

Persebaya memang memenangi laga perdana ISL kali ini. Namun kemenangan itu diperoleh dengan kontroversial atas Mitra Kukar. Tapi apapun keputusan wasit, seharusnya semua pemain menghormati hal itu karena kontroversi merupakan bagian hal yang menjadi daya tarik dalam sepakbola. @angga

Line Up:
Persebaya: Ferry, Ambrizal, Lestusen, Tuasalamony, Kipuw, Jacob, Nzekou, Ilham (88′ Novri S), Greg, Kenmogne.
Mitra Kukar: Sorongan, Park Chul-Hyung (62′ Dedi Gus), Zulkifly, Michiels, Lobo, Erick Weeks, Bima Sakti, Maitimo, Zulham, Erminarno, Jajang (80′ F Sausu).