LENSAINDONESIA.COM: Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang bekerjasama dengan SIBI Bina Anak Sholeh (BIAS) Klaten mengadakan acara Family Day 2014.

Kegiatan yang mengambil tema Harmoni Keluarga Bias Berbintang Mengangkasa melibatkan tidak kurang 1.300 peserta terdiri dari Play Group, TKIT dan SDIT beserta para wali murid di halaman Muspusdirla, di Jakarta, Selasa (4/2/14).

Kamuspusdirla, Mayor (Sus) Ayi Supriadi, S.S M.Sc menjelaskan, kegiatan di mulai dengan senam bersama seluruh peserta kemudian dilanjutkan dengan game-game keluarga yang menggunakan area taman Muspusdirla. Keceriaan dan keakraban jelas terlihat diantara para siswa dan wali murid.

Mereka terlibat dalam beberapa permainan seperti Terowongan Sea Word, menjinakkan Bom, Si Buta dari Gua Hantu, Basket, Rocket Air dan banyak lagi permaian lainnya yang semuanya diikuti dengan penuh kegembiraan.

“Para peserta dihibur dengan beberapa tampilan kreasi siswa seperti drum band dan kegiatan kesenian lainnya,” kata Kamuspusdirla.

Kamuspusdirla mengatakan, bahwa dengan kegiatan ini merupakan salah satu media untuk lebih mengenalkan dunia kedirgantaraan di kalangan siswa-siswi
pelajar sejak dini.

“Museum yang menampilkan rekam jejak sejarah perkembangan TNI Angkatan Udara melalui koleksi-koleksinya berupa pesawat-pesawat dari beberapa generasi serta koleksi-koleksi lainnya menjadi sarana wisata edukasi. Selain itu, dengan adanya Simulator P-51 Mustang dan Mini Theater semakin melengkapi fasilitas yang telah ada sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Family Day 2014 Joko Suranto, S.E mengatakan, bahwa dengan dipilihnya Muspusdirla sebagai tempat penyelenggaraan acara karena Muspusdirla dapat memberikan pengetahuan tentang sejarah perkembangan TNI AU dan ilmu-ilmu kedirgantaraan serta mempunyai tempat yang cukup referentatif untuk melaksanakan kegiatan.

“Para peserta kemudian berkeliling melihat koleksi-koleksi museum dilanjutkan dengan menonton film-film kedirgantaraan di Ruang Mini Theater. Family Day diadakan kali ini berlangsung cukup sukses karena dihadiri oleh hampir semua wali murid Play Group, TK, SD Bias Klaten. Kedua belah pihak berharap ke depan kerjasama seperti ini akan terus ditingkatkan,” kata Joko Suranto. @winarko