Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EDUKASI

Asyiknya belajar sambil mengamati ekosistem sekolah 

LENSAINDONESIA.COM: Tidak biasanya para siswi SMP Putri Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya pada jam pertama berkumpul di area taman sekolah. Berkerumun sambil berdiskusi tentang tanaman yang berada di hadapan mereka.

Jumat, (07/02/2014), puluhan siswi berkerudung putih ini melakukan pengamatan terhadap ekosistem tanaman di area sekolah.

Mereka tidak hanya mengamati tapi juga analisa tertulis berupa lembar kerja. Mereka diminta menuliskan apa saja ekosistem yang ada di sekitar tanaman yang diamati.

“Kita harus mengamati ekosistem yang biotik dan abiotik dalam jarak sekitar tanaman yang terbatas,” kata Adiba Nurul Khoirina.

Sambil memegang dan menerka apa saja ekosistem di sekitar tanaman, para siswi yang terbentuk dalam sebuah kelompok tersebut terlihat asyik. Sang guru pun dengan cermat menjelaskan kepada para siswi.

Setiap kelompok membawa tali rafia panjang yang digunakan sebagai pembatas area pengamatan. Tali rafia tersebut dibuat persegi mengitari tanaman yang diamati seluas 3×3 meter.

Sofi, salah satu guru yang mendampingi dalam pembelajaran ini mengatakan, pembelajaran ini merupakan aplikasi tentang eksplorasi pelajaran di lapangan.

Dalam pembelajaran ini dibentuk lima kelompok. Seluruhnya mengerjakan soal yang sama. Hanya, ekosistem yang diamati berbeda. “Setelah itu nanti di dalam kelas para siswa dituntut untuk presentasi di hadapan teman-temannya,” kata Sofi.

Dalam pembelajaran ini, tambah Sofi, masuk berbagai hal. Misalnya kerjasama, komunikasi, serta ketelitian dalam analisa. “Kompleks yang mereka dapatkan dalam pembelajaran ini,” katanya.@licom