LENSAINDONESIA.COM: Hujan di Jakarta tak kunjung reda, mengakibatkan di beberapa wilayah masih terendam air, ternyata tidak hanya didaerah perumahan yang terendam air, tetapi ratusan makam yang ada di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim), ikut terendam air. Akibat genangan ini membuat petugas makam sangat kesulitan saat melakukan pemakaman jenazah.

“Kami menyarankan untuk memakamkan jenazah ke TPU lain seperti ke Pondok Ranggon, karena TPU Pondok Kelapa ini terendam air dan tidak mungkin memakamkan di TPU Pondok Kelapa,” kata Roan, petugas TPU Pondok Kelapa, Minggu (09/02/14).

Roan menambahkan, genangan ini sempat parah sehingga menutup ratusan makam dengan kedalaman mencapai 30-50 cm. Uniknya, meski terdapat genangan justru sebagian warga memanfaatkan dengan mencari ikan.

“Saya heran sekali dari mana datangnya ikan tersebut dan banyak orang yang mencari ikan di kubangan TPU Pondok Kelapa,” ujarnya sambil menggelengkan kepalanya.

Menurut Roan, genangan ini menyebabkan petugas pemakam kesulitan saat memakamkan jenazah. Jika keluarga mendiang tetap ingin memakamkan dilahan yang dekat genangan, maka petugas harus menyiapkan pompa penyedot air.

“Untuk menyedot air dengan mesin pompa di butuhkan tenaga ekstra dan bahan bakar mesin. Genangan ini khususnya terjadi diblok belakang seperti yang ada di Blok 38, 50 dan 62. Jadi setiap blok ada sekitar 120 makam atau sekitar 360 makam, setiap harinya rata-rata ada 5 kali pemakaman di TPU Pondok Kelapa. Kita mohon salurannya dapat diperbaiki agar air tidak menggenangi TPU ini dan cepat surut karena lokasinya memang sangatrendah seperti tampak di Blok 58 genangan masih terjadi di makam dan jalan pemakaman,” pungkasnya.

Pantaun LICOM dilapangan, ternyata banyak makam di TPU Pondok Kelapa terendam air sekitar 360 makam dengan kedalaman 30-50 cm, karena pembuangan air di TPU Pondok Kelapa yang kurang lancar. @winarko