LENSAINDONESIA.COM: Salah satu tugas Inspektorat Kodikau adalah melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan Komando Pendidikan Angkatan Udara sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan maupun penyimpangan dalam setiap proses kegiatan fungsi perencanaan maupun pelaksanaan.

Demikian yang disampaikan  Komandan Kodikau yang dibacakan Wadan Kodikau, Marsekal Pertama TNI AU, Adang Supriyadi, S.E. pada pembukaan Pokja Penyusunan Kode Etik Pemeriksa Itjen Kodikau di ruang Rapat Suryadharma Makodikau, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (10/2/14).

“Untuk wujudkan suatu hasil dan tujuan pemeriksaan oleh Inspektorat Kodikau secara efektif dan efisien pemeriksa dituntut untuk selalu menjaga integritas, menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta etika dan perilaku,” kata Wadan Kodikau.

Wadan Kodikau mengatakan, kegiatan Pokja dilaksanakan sebagai salah satu hasil dari Rakorwas TNI AU TA. 2013 dimana (Inspektur Jenderal Angkatan Udrara) Irjen AU merekomendasikan kepada tiap-tiap Inspektorat Kotama (Komando Utama).

“Untuk membuat atau menyusun Kode Etik bagi pemeriksa yang digunakan sebagai pedoman perilaku bagi pemeriksa dalam bentuk kode etik sebagai pegangan dalam melaksanakan tugas pemeriksa dan pedoman bagi pejabat yang berwenang dalam penyelesaian pelanggaran kode etik,” pungkasnya.

Kegiatan ini di hadiri Ir Kodikau Kolonel  Pnb. Emanuel Sugiarto, pejabat Kodikau serta Irbin Sumda Itjenau yang diwakili oleh Letkol Adm Thontje Samadara dan Asbin Itjenau yang diwakili oleh Letkol Adm Matheus Eko HS. @winarko