Advertisement

LENSAINDONESIA: Kesuksesan yang membuat dirinya kaya raya malah membuatnya menderita. Flappy bird, game super populer ciptaannya, malah dilenyapkan dari peredaran. Apa sih maunya pria ini?

Ini dia Dong Nguyen (29), pria asal Vietnam yang mencuri perhatian publik selama beberapa jam terakhir. Pria pemilik akun @dongatory yang saat ini memiliki sedikitnya 160 ribuan pengguna Twitter, adalah seorang developer game indie di perusahaannya sendiri yang bernama Gears Studio.

Berdasarkan pengakuannya seperti dikutip dari thechocolatelabapps, pria yang dianggap aneh ini tidak butuh waktu lama untuk membuat game yang telah diunduh paling tidak oleh 10 juta orang di berbagai belahan dunia. Bahkan hal tersebut dia lakukan sendiri tanpa bantuan siapapun!.

“Tidak butuh waktu lama untuk membuat game-game seperti itu. Hanya sekitar 2-3 hari. Itupun saya lakukan sendirian tanpa team dan tanpa bantuan dari siapapun,” katanya.

Karakter Flappy sesungguhnya sudah dibuatnya sejak tahun 2012 lalu. “Tadinya saya akan menggunakannya di game lain, tapi batal,” ungkap Nguyen seraya menambahkan bahwa meski Flappy Bird tidak lagi beredar, namun ia akan tetap membuat game-game baru.

Flappy Bird mulai dipasarkan pada Maret 2013. Sejak beredar, game yang cara memainkannya adalah dengan menghindarkan seekor burung terbang dari pipa-pipa yang tertanam dari bawah dan atasnya ini, diunduh oleh 10 juta lebih orang di seluruh dunia.

Nguyen sendiri mendapat sedikitnya US$ 50 ribu atau setara Rp 608 juta per hari dari game buatannya. Namun Sejak pukul 18.00 Senin lalu, Nguyen mematikan aplikasi buatannya karena stress mendengar ribuan konsumennya frustasi dan kecanduan game tersebut. @ann/bbs**