Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Politisi PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto menilai pengangkatan mantan Duta Besar Jepang, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan tidak akan banyak membawa perubahan yang signifikan di Kementerian Perdaganagan. Pasalnya, baik Gita maupun Lutfi sama-sama memiliki dasar pemikiran yang sama.

“Melihat isinya kepalanya, mindset-nya sama. Nanti, kebijakan perdagangan sama dengan Gita. Tapi tidak masalah itu kewenangan Presiden,” ujarnya di Gedung DPR, Rabu (12/2/2014).

Lebih lanjut Bambang memprediksi, dengan mazhab pemikiran yang sama dengan Gita Wirjawan, arah kebijakan yang akan diterapkan Lutfi nantinya tidak akan merubah pergerakan perdagangan.

“Artinya, kalau mungkin impor semakin banyak, wajar,” sindirnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang yudhoyono secara resmi menunjuk mantan Duta Besar Jepang, Muhammad Lutfi sebagai pengganti Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan.

“Saya memandang saudara Muhammad Lutfi cakap dan mampu menggantikan Gita Wirjawan sebagai menteri perdagangan,” ujar Presiden SBY dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/02/2014).@firdausi