LENSAINDONESIA.COM: Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Universitas PGRI Adi Buana, Geo Theater Production menggelar Festival Monolog Pelajar SMA sederajat se Jatim pada 27 Februari hingga 1 Maret mendatang. Acara yang bertujuan untuk melestarikan seni budaya bangsa Indonesia dan mencari bibit-bibit keaktoran tersebut, mengusung tema ‘Eksotika Seni Dalam Kisah’.

Diungkapkan Ketua Pelaksana, Nanda Ayu Aprillya, pendaftaran peserta sudah dimulai sejak awal Desember hingga hari ini. “Hari ini pendaftaran kami tutup. Hasilnya, ada sebanyak 12 kelompok calon peserta dari berbagai daerah seperti Lamongan, Madura, Sidoarjo bahkan Banyuwangi. Usai penutupan pendaftaran, kami melaksanakan Tehnikal Meeting dengan para peserta,” papar dia Minggu (16/02/2014).

Keduabelas peserta ini adalah Teater Alif SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Teater Badai SMA 1 Kamal Madura, Teater Kapling SMAN 1 Genteng Banyuwangi, Club Drama Remaja SMK Al-Islam Krian Sidoarjo, Sanggar Lidi Surabaya SMKN 12 Surabaya, Teater Sarangka SMA Al-Islman Krian Sidoarjo, Teater Topan SMK Darul Ulum Pamekasan Madura, Teater Pelangi SMAN 1 Lamongan, Teater Cepak SMAN 1 Gresik, Teater Dedes 3 SMA YPM 3 Sidoarjo, SMA 1 Pandaan Pasuruan, Teater Kertas MA Darul Ulum Pamekasan Madura.

Nantinya, lanjut perempuan yang akrab disapa April ini, seluruh peserta akan dinilai oleh 3 orang juri. “Pemenang dibagi menjadi 3 kriteria yaitu artistik terbaik, keaktoran terbaik dan penampil terbaik,” jelasnya.

Untuk Artistik, penilaian berdasarkan penataan panggung dan lighting. Misalnya, bagaimana lighting mendukung dan memberikan suasana yang tepat untuk naskah. Juri untuk kategori ini adalah Q-ply Assuhaiby. “dramatisasi dan penjiwaan menjadi kriteria penilaian untuk kategori keaktoran yang akan dinilai oleh Luhur Kayungga selaku juri,” ucap April seraya menambahkan sementara penampil terbaik akan dinilai berdasarkan keseluruhan penampilan mulai dari artistik, aktor dan sinergitas keseluruhan. Arif Hidayat tampil sebagai juri untuk kategori tersebut.

“Masing-masing pemenang akan mendapatkan sertifikat, trophy dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. Pengumuman pemenang diselenggarakan di akhir acara yaitu pada tanggal 1 Maret,” terang dia. @ann